Inilah 5 Hal Terlarang bagi Pengguna Android Yang Harus Diketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Hal Terlarang bagi Pengguna Android Yang Harus Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Android sebagai salah satu platform yang digunakan oleh banyak orang memang masih banyak menyimpan rahasia dan hal-hal yang belum terungkap serta belum diketahui penggunaannya. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan smartphone Android setiap harinya, maka Anda perlu benar-benar menjaga kinerjanya dengan baik.

Berikut lima hal terlarang, yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna smartphone Android:

Menggunakan Task Killer atau Menutup Aplikasi Secara Manual
Menutup aplikasi secara manual dari recent app menu. Tanpa kita sadari, sebenarnya hal ini bisa membahayakan kinerja Android. Karena saat kita pertama kali membuka sebuah aplikasi, sebagian datanya tersimpan di RAM. Artinya, ketika kita membuka aplikasi untuk kedua kalinya, proses loading akan lebih cepat lantaran masih ada cache dari data sebelumnya yang tersimpan pada RAM.

Jika Anda menghapus aplikasi tersebut dari recent app menu atau menghapus cache, data yang disimpan di RAM juga akan hilang. Nah, jika Anda membuka aplikasi lagi, maka Anda harus memulai ulang proses ini.

Oleh karena itu, menutup aplikasi secara manual hanya boleh dilakukan jika benar-benar terdesak. Misalnya saat baterai mulai low.

Menggunakan Lebih dari Satu Antivirus
Kalau Anda merasa memerlukan antivirus untuk Android Anda, penting diingat, antivirus memakan sumber daya RAM dan baterai smartphone dalam jumlah besar. Aplikasi antivirus sesungguhnya merupakan aplikasi intensif yang berjalan sepanjang waktu di background.

Memasang lebih dari satu antivirus tidak akan membuat ponsel Anda lebih aman. Oleh sebab itu, kalau Anda memutuskan menggunakan antivirus, pastikan Anda memilihnya dengan bijak. Selain itu, gunakan satu antivirus saja pada Android.

Jangan Malas Perbarui Software
Sistem operasi pada smartphone Android Anda perlu diperbarui secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki keamanan software. Karena itu, jika Anda menerima notifikasi untuk memperbarui software, langsung lakukan pembaruan.

Anda juga bisa mengatur perangkat Android untuk otomatis memperbarui software. Dengan demikian, Android Anda bakal memiliki performa lebih baik dan efisien.

Jangan Unduh Aplikasi dari Sumber Tak Jelas
File APK Android dapat dimanipulasi dan menghadirkan software jahat yang menginfeksi Android. Pastikan selalu mengunduh aplikasi dari sumber yang jelas, seperti Google Play Store.

Jangan Restart Android Anda
Ada banyak kontroversi mengenai hal ini. Namun sebenarnya, restart Android seminggu sekali merupakan hal yang cukup sehat untuk dilakukan. Memori yang disimpan dan data cache temporer bisa dihapus karena tidak lagi diperlukan. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.