PortalMadura.com

Inilah 5 Pantangan Makan Untuk Ibu Menyusui

  • Rabu, 26 Oktober 2016 | 09:00
Inilah 5 Pantangan Makan Untuk Ibu Menyusui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mempunyai seorang bayi adalah anugerah yang tak ternilai untuk semua ibu. Tentu saja sebagai seorang ibu selalu ingin memberikan makanan yang mengandung nutrisi terbaik untuk si kecil. Makanan paling baik untuk bayi sejak ia baru lahir hingga usia 6 bulan adalah ASI (Air Susu Ibu). Karena selain mengandung antibody, ASI juga mengandung gizi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Apa yang dimakan oleh ibu menyusui sangat berpengaruh pada ASI yang dikonsumsi bayi. Oleh karena itu ibu menyusui harus selektif terhadap makanan-makanan apa saja agar ASI penuh kandungan nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan bayi.

Nah, berikut ini beberapa makanan pantangan bagi ibu menyusui.

1. Alkohol
Pertama adalah makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Alkohol tidak berpengaruh langsung pada bayi, akan tetapi lebih berpengaruh pada tubuh mommy. Kondisi tubuh mommy dapat menjadi sakit akibat alkohol dan mommy tidak akan dapat menyusui bayi. Alkohol juga dapat membuat produksi ASI menurun sehingga bayi tidak akan mendapatkan makanan yang cukup. Selain itu, alkohol juga dapat merusak liver.

2. Kol Kubis
Kol atau kubis juga dipercaya tidak baik karena sayur ini dapat mengakibatkan kembung. Tapi sebenarnya kubis mengandung gas yang tidak disalurkan ke ASI. Jadi mommy sendiri yang akan merasakan kembung tersebut.

3. Minuman Dingin
Minuman dingin juga menjadi pantangan beberapa ibu menyusui. Hal ini dapat mengganggu kesehatan mommy. Bila mommy batuk atau pilek, tentu tidak nyaman menyusui, bukan?

4. Kafein
Bagaimana dengan kafein? Kafein hanya akan berdampak buruk bila dikonsumsi berlebihan. Bayi pun akan merasakan dampak sulit tidur bila mommy banyak minum kopi.

5. Makanan Pedas
Makanan pedas tidak akan menjadi masalah karena ASI tidak akan berubah menjadi pedas. Makanan pedas dilarang karena dikhawatirkan mengganggu kesehatan, seperti diare. Bila mommy terkena diare, mommy jadi tidak dapat menyusui dan bayi mommy akan kelaparan. (prenagen.com/choir)

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional