Inilah 5 Permainan Sederhana Untuk Mengasah Otak Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Permainan Sederhana Untuk Mengasah Otak Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak cara untuk menstimulasi otak salah satunya dengan cara bermain. Tapi yang seperti apa ya yang bagus untuk mengasah otak anak?

Nah, berikut ini 5 permainan yang dapat mengasah otak anak Anda:

Catur

Catur adalah sebuah olahraga mengasah otak. Siapa yang tidak kenal dengan permainan ini? Catur dikenal dari berbagai kalangan dan segala jenis umur. Sekarang sudah ada permainan catur di komputer dan di HP, semua orang dapat menikmati permainan ini dimanapun dy berada tanpa mencari lawan bermain.

Catur sangat baik untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Dari segi cara memenangkannya pun tidak sembarang, pemain memasang strategi, belajar dari teori yang sangat kompleks. Dengan beraneka ragam langkah awal, menyusun strategi hingga akhirnya bisa skak mat dan menang.

Tanpa disadari, cara itu mengembangkan logika. Dengan melindungi hingga menyerang, pemain mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitasnya, banyak kombinasi yang pemain ciptakan untuk menjadi deffence dan attacker. Dengan sudut pandang masing-masing pemain catur dapat memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di langkah selanjutnya.

Rubik

Rubik's Cube atau Kubus Rubik adalah permainan yang sangat terkenal ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang Profesor Arsitektur bernama Ern? Rubik yang berasal dari Hungaria. Terbayang oleh anda, didunia ini terjual 200 juta rubik yang habis terjual. Rubik terdiri dari 27 bagian kotak kecil berbeda-beda warnayang berputar pada poros yang terlihat.

Permainan ini menggunakan rumus matematika, hingga seseorang yang memainkan permainan ini dapat melatih daya ingat, kecerdasan juga kesabarannya. Semakin seiring zaman bentuk rubikpun berbeda-beda. Dulu yang hanya berukuran 3×3 sekarang tersedia ukuran 6×2.

Puzzle

Puzzle adalah salah satu permainan yang terkenal di kalangan anak-anak, tapi siapa sangka ternyata orang dewasa juga ada yang masih memainkan permainan ini namun tingkat kesulitannya lebih rumit. Bukan karena masa kecil mereka yang kurang bahagia. Permainan ini melatih daya ingat, intuisi, daya nalar dan melatih kesabaran. Sangat cocok bagi seseorang yang menyukai masalah rumit, bagaimana mereka meresolve problem.

Hal ini terpampang jelas dari kepingan puzzle yang berantakan, di atur satu-satu entah dari tengah atau dari pinggir-pinggir yang penting hasilnya tersusun dengan benar. Permainan ini sangat cocok untuk anak anda, untuk melatih kreatifitas, daya ingat, dan kesabaran anak. Walau tidak terlalu menonjol manfaat permainan anak, namun akan terlihat ketika anak anda sudah besar.

 Lego

Lego adalah permainan yang berbentuk kotak dengan bulatan-bulatan kecil yang dapat disusun dengan piece yang lain. Permainan ini sangat melatih daya imajinasi anak. Otak anak ibarat perut yang sangat kehausan akan ilmu dan imajinasi. Hal ini terpampang ketika seorang anak selalu bertanya dan menyentuh benda-benda. Orang tua selalu menyalah artikan pertanyaan-pertanyaan anak, dengan lego anak bisa berkreatifitas dengan imajinasinya.

Halma

Permainan Halma adalah permainan yang menggunakan taktik dan strategi seperti catur dan dapat melibatkan 2, 3 atau 4 pemain. Permainan ini berbentuk geometri, tersedia home bagi pemain. Permainan ini sangat menarik minat bagi seseorang yang ingin mengasah kemampuan otak, dalam strategi, taktik bermain. Bagi anda yang sering bermain ini, secara tidak langsung anda belajar mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam menghadapi suatu masalah. (balokedukasi.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.