PortalMadura.com

Inilah 5 Tips Bagi Pengendara Pemula yang Perlu Diperhatikan

  • Senin, 19 September 2016 | 15:00
Inilah 5 Tips Bagi Pengendara Pemula yang Perlu Diperhatikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bepergian dengan mobil atau motor pribadi memang lebih nyaman daripada menggunakan kendaraan umum. Namun bagi pengendara pemula, tentu hal ini memiliki banyak tantangan di depan mereka dan dibutuhkan waktu untuk bisa menguasai jalan.

Bahkan dalam beberapa kasus, pengendara kerap tidak benar-benar ‘mengenal’ mobil yang dikendarai, sehingga saat mengalami masalah jadi sulit untuk mengatasinya. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai tips bagi pengendara pemula setelah mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Sehingga, saat berada di jalan raya, Anda dapat mengendarai kendaraan Anda dengan lebih aman.

Berikut lima tips yang perlu diperhatikan bagi pengendara pemula:

Kenali bagian Kendaraan
Pada titik ini berguna bagi mereka yang sudah memiliki kendaraan, baik mobil, sepeda motor, atau sebuah truk pikap. Pada dasarnya, semua itu memiliki beberapa komponen yang sama, dan bagian-bagian ini beroperasi dengan cara yang sama.

Dengan mengenali bagian kendaraan, berarti pengendara pemula memiliki tanggung jawab untuk mengetahui masing-masing tombol dan pengoperasian kendali kendaraan. Mereka juga harus tahu bagaimana mengidentifikasi komponen utama dari kendaraan.

Cara Kerja bagian Kendaraan
Pada dasarnya, kendaraan bermotor bekerja dengan mengikuti prinsip-prinsip tertentu. Pengendara pemula disarankan menelusuri web untuk mencari tutorial, video, dan infografis yang menjelaskan bagaimana mobil atau kendaraan bermotor Anda bekerja.

Setelah memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana mesin bekerja, bagaimana rem beroperasi, pengendara bisa memiliki bayangan bagaimana kendaraan Anda bisa beroperasi.

Keuntungan buat pengendara pemula yang mengetahui cara kerja kendaraan adalah akan lebih sulit dikelabui oleh teknisi dan mendapatkan pengetahuan berharga tentang bagaimana mobil atau kendaraan Anda beroperasi.

Perbaikan Dasar
Setelah mengetahui bagaimana mobil bekerja, setidaknya dalam bentuk yang paling dasar dari setiap komponen, Anda dapat mendiagnosa masalah. Dengan pengetahuan yang dimiliki, saat kendaraan bermasalah Anda tidak memerlukan mekanik untuk melakukan perbaikan dasar dan jika memang sudah terlalu kompleks Anda bisa segera menghubungi truk derek resmi untuk meminta bantuan.

Namun jika masalah ringan yang dihadapi, Anda dapat menyelesaikannya sendiri. Seperti menangani ban kempes, Anda harus belajar bagaimana memperbaikinya. Begitu juga bagaimana memeriksa tingkat minyak serta semua tingkat cairan lainnya dari kendaraan Anda. Anda juga harus mengetahui bagaimana memeriksa ban, mengubah wiper kaca depan dan pengisian bahan bakar.

Apa yang harus Dilakukan Setelah Kecelakaan
Hal terburuk yang bisa terjadi saat berkendara di jalan raya adalah saat mengalami suatu kecelakaan. Apa hal pertama yang harus dilakukan?.

Matikan mesin dan mengambil kunci dari kunci kontak. Pastikan kendaraan Anda tidak terbakar dan aman dengan kondisi sudah direm sehingga tidak berjalan saat keluar dari kendaraan.

Setelah itu, keluar dari kendaraan dan bergeser jauh dari kendaraan sambil memperhatikan kondisi lalu lintas sekitar. Jika kendaraan lain ikut terlibat dalam tabrakan, berbicara dengan pengemudinya dan pastikan benar kondisi mereka. Selama beberapa menit tenangkan diri Anda, kemudian pastikan mengambil gambar mobil sebelum dipindahkan.

Jika penjelasan Anda dari insiden tersebut tidak akurat, atau jika pengemudi lain mencoba menipu Anda untuk membayar ganti rugi, foto akan menjadi saksi terbaik.

Selain itu, jika memungkinkan periksa lingkungan sekitar kecelakaan, bila ada yang bisa menjadi saksi melihat kecelakaan itu dan bersedia untuk membantu memperjelas masalah ini.

Cara Mengemudi saat Cuaca Buruk
Cuaca menjadi salah satu faktor pendukung cara berkendara seseorang. Namun jika cuaca sedang buruk apa yang harus dilakukan?.

Hal pertama yang harus diperhatikan, yaitu kondisi ban yang masih baik yang cocok di segala medan, begitu juga dengan kondisi lampu. Mengemudi di hujan atau salju tidak bisa disamakan dengan saat hari cerah.

Oleh karena itu, jaga jarak yang lebih besar antara kendaraan Anda dengan yang ada di depan. Hindari gerakan tiba-tiba, dan mencoba lebih lembut saat mengendalikan kendaraan. Perlambat kecepatan Anda, berkendara dengan lebih hati-hati. (suara.com/Salimah)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional