PortalMadura.com

Inilah 5 Tips Jitu Cegah Stres Saat Mudik Naik Mobil Pribadi

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 13:00
Inilah 5 Tips Jitu Cegah Stres Saat Mudik Naik Mobil Pribadi
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran adalah mudik atau pulang kampung. Saat ini, banyak cara yang bisa dilakukan pemudik agar bisa sampai ke tempat tujuan. Seperti menggunakan jasa transportasi umum, naik motor, atau menggunakan mobil pribadi.

Meskipun Lebaran masih tinggal 9 hari lagi, sebaiknya Anda sudah merencanakan dan menyiapkan mudik menggunakan apa. Jika Anda mudik dengan mobil pribadi, lebih baik mempersiapkan dengan matang agar mudik Anda menyenangkan dan tidak stres. Biasanya keramaian arus saat mudik bisa menyebabkan stres. Bahkan, bisa membuat seseorang lebih lelah dan menjadi beban pikiran.

Supaya hal itu tidak terjadi, berikut lima cara sederhana agar Anda tidak stres saat mudik bersama keluarga:

Mengetahui Kondisi Jalan
Sebelum memulai perjalanan untuk pulang kampung, sebaiknya Anda mempersiapkan wawasan mengenai jalan yang akan ditempuh. Bagaimana kondisi jalan, tingkat kemacetannya, beberapa jalan alternatif, lama perjalanan, dan lain-lain.

Persiapan ini nantinya berguna ketika Anda menghadapi hal-hal yang tidak terduga dan membuat Anda stres, seperti kemacetan parah hingga kelelahan atau kelaparan. Memiliki peta mengenai letak rumah makan atau pom bensin juga sangat berguna.

Waktu Tepat Memulai Perjalanan
Hindari jam-jam sibuk untuk memulai perjalanan. Jalan raya juga biasanya dipenuhi oleh kendaraan saat akhir minggu. Untuk menghindari jalan yang macet, pertimbangkan hari-hari kerja sebagai hari yang tepat untuk berangkat mudik.

Waktu fajar mungkin sering dipilih oleh sebagian orang, namun persiapkan stamina agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Jika beberapa jam perjalanan Anda sudah mengantuk, lebih baik pinggirkan mobil untuk sekadar beristirahat selama 20 hingga 30 menit. Anda juga bisa mempercayakan mobil kepada pasangan atau partner Anda yang bisa menyetir mobil dengan baik. Dengan begini, Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk tidur di kursi penumpang.

Gunakan Pakaian yang Nyaman
Pakaian yang terlalu ribet untuk dikenakan bisa saja menyebabkan Anda stres selama perjalanan mudik. Apalagi dengan bahan yang tidak enak dipakai. Anda bisa memilih legging dengan T-shirt dress berbahan katun yang nyaman.

Siapkan juga jaket jika udara mulai terasa dingin. Untuk alas kaki, Anda bisa mengenakan sandal atau mules yang nyaman sebagai opsi.

Pilih Tas Multifungsi
Bedakan barang apa saja yang ingin dimasukkan di bagasi. Hal ini mencegah Anda untuk merasa stres saat mencari-cari barang yang diperlukan selama perjalanan mudik. Perlengkapan penting, seperti obat-obatan, kamera, laptop, makanan, minuman, hingga produk perawatan kulit sebaiknya disimpan dalam tas multifungsi yang diletakkan dalam area yang mudah dijangkau.

Tas multifungsi dapat memuat lebih banyak barang, namun tidak memakan tempat. Hal ini bisa membuat Anda bergerak lebih leluasa di dalam kendaraan tanpa perlu terhalang plastik belanja atau tas-tas yang berisi barang bawaan Anda.

Bawa Selingan untuk Hiburan
Perjalanan mudik yang membosankan bisa membuat Anda ngantuk, bahkan stres. Terlebih jika Anda membawa anak kecil. Anda harus mempersiapkan segala bentuk hiburan agar sang anak tidak rewel selama perjalanan. Hal ini juga sebenarnya berlaku untuk Anda.

Bagi yang suka membaca buku, tidak ada salahnya membawa beberapa buku novel ringan atau komik. Untuk anak-anak, mungkin sebaiknya bawa beberapa permainan favorit mereka, seperti boneka, mobil-mobilan, atau action figure. Pilih mainan yang tidak terlalu besar sehingga tidak menghalangi kenyamanan saat berkendara. Selamat mudik. (detik.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional