PortalMadura.com

Inilah 5 Tujuan Utama Berumah Tangga dalam Islam

  • Senin, 10 Oktober 2016 | 17:00
Inilah 5 Tujuan Utama Berumah Tangga dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com“Tidak pernah ditemukan pada dua orang yang saling mencintai sesuatu yang lebih indah daripada pernikahan,” (HR. Ibnu Majah).

Pernikahan bukan hanya soal mempersatukan dua hati yang saling mencintai, atau sebagai cara untuk menyalurkan kebutuhan biologis saja. Namun, pernikahan merupakan salah satu sunah Rasulullah.

Allah SWT berfirman: “Segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kalian mengingat kebesaran Allah,” (QS. Adz-Dzariyat : 49).

Lantas, apa sebenarnya tujuan utama seorang manusia harus menikah dan membentuk sebuah rumah tangga?.

Berikut lima tujuan utama berumah tangga dalam Islam:

Melaksanakan Ajaran Para Rasul
Rasulullah sendiri berkata bahwa: “Empat perkara yang termasuk sunah para rasul, yaitu sifat malu, memakai wewangian, bersiwak dan menikah” (HR Tirmidzi dan Ahmad).

Jadi, dengan menikah dan membentuk sebuah rumah tangga, Anda setidaknya telah melaksanakan salah satu dari sunah para rasul.

Advertisement
Iklan Murah

Untuk Menguatkan Ibadahnya
Masih berdasarkan sabda dari Rasulullah, beliau mengatakan: “Apabila seorang hamba menikah maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya,” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Hal tersebut menegaskan bahwa menikah memanglah salah satu cara untuk manusia menyempurnakan ajaran agamanya.

Menghindarkan Diri dari Penyimpangan
Bila dilihat dari segi biologis, setiap manusia pastilah membutuhkan penyaluran hasrat biologisnya. Dengan menikah, maka penyaluran hasrat tersebut akan dapat disalurkan secara benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

Mendapatkan Keturunan
Adanya keturunan berarti akan adanya generasi manusia yang baru di dunia. Sehingga, salah satu tujuan manusia untuk menikah dan memiliki keturunan secara tidak langsung menjaga agar makhluk hidup yang disebut manusia tidak punah.

Aset di Akhirat Kelak
Anak saleh dan salehah merupakan aset berharga untuk digunakan orang tuanya saat di akhirat, sebab kesalehan seorang anak akan dapat memberi kesempatan orang tuanya untuk diberi tempat di surga. (hijabnesia.com/Salimah)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional