PortalMadura.com

Inilah 6 Keutamaan dan Amalan di Bulan Muharram

  • Kamis, 6 Oktober 2016 | 17:00
Inilah 6 Keutamaan dan Amalan di Bulan Muharram
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender hijriah atau kalender Islam yang amat mulia. Salah satu dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah. Selain itu, pada bulan ini pahala dan dosa yang dilakukan lebih besar dan dahsyat dibandingkan bulan-bulan selainnya.

Advertisement

“Di dalam satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya terdapat empat bulan yang mulia. Tiga di antaranya berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Adapun bulan) Rajab berada di antara bulan Jumada dan Sya’ban,” (HR. Bukhari No. 2958 dari Abu Bakar).

Allah SWT berfirman: “Janganlah kalian menzalimi diri-diri kalian (dengan berbuat dosa) di dalamnya (di bulan-bulan tersebut),” (QS. At-Taubah: 36).

Dari ayat dan hadis di atas telah menunjukkan keutamaan dan kemuliaan bulan tersebut di sisi Allah SWT. Namun, keutamaan itu harus diisi dengan berbagai amalan-amalan yang berkualitas, tentunya yang sesuai dengan petunjuk Rasulullah. Sehingga, keutamaan bulan muharram tersebut benar-benar bernilai, baik secara individual maupun sosial.

Berikut enam keutamaan dan amalan di bulan Muharram :

Termasuk Empat Bulan Haram (Suci)
Allah berfirman: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..” (QS. At-Taubah: 36).

Empat bulan haram tersebut adalah bulan Dzul Qa’dah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab. Pada bulan-bulan ini, masyarakat Arab dilarang berperang karena disucikannya keempat bulan tersebut. Oleh karena itu, ia juga dinamakan Syahrullah Asham, artinya Bulan Allah yang sunyi karena larangan berperang itu.

Dari Abu Bakrah r.a, bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya zaman berputar sebagai mana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban,” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Advertisement
loading...
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional