Inilah 7 Khasiat Menakjubkan Mengonsumsi Paprika untuk Kecantikan

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 7 Khasiat Menakjubkan Mengonsumsi Paprika untuk Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa sedikit pedas. Sayuran yang masih satu keluarga dengan cabai ini, ternyata memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi kecantikan.

Tidak heran, jika paprika dapat melenyapkan beberapa masalah kulit dan sangat berguna untuk kecantikan Anda. Sebab, sayuran yang satu ini kaya vitamin dan antioksidan, yaitu vitamin A, B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalsium, seng, zat besi, potasium, magnesium, dan fosfor. Semua kandungan ini berperan besar dalam menjaga keindahan kulit dan rambut Anda.

Berikut tujuh manfaat yang Anda dapatkan dari mengonsumsi paprika untuk kecantikan:

Mencerahkan Wajah
Paprika mengandung vitamin, zat besi, dan beta-karoten yang mencegah terjadinya bintik-bintik di wajah, baik yang muncul karena pengaruh sinar ultra violet maupun bintik yang muncul karena faktor usia. Paprika akan memperbaiki kondisi kulit dengan membatasi produksi melanin, yang dapat membuat kulit gelap.

Manfaat Anti-Penuaan
Seperti telah disebutkan sebelumnya, paprika kaya akan beta-karoten. Beta karoten ini akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A sendiri memainkan peran penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit. Hal ini mencegah terjadinya keriput dan menjadikan kulit cerah.

Menjadikan Kulit Bercahaya
Anda dapat mempersiapkan masker wajah dengan mencampurkan satu sendok makan paprika dengan dua sendok makan madu. Oleskan di seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Kandungan dalam paprika akan meratakan warna kulit Anda serta mengurangi kusam. Masker ini juga dapat mengobati noda dan komedo, serta menjadikan kulit Anda lembut dan bersinar.

Namun, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sebab, tidak semua orang memiliki kulit yang tahan dengan kandungan capsaicim (yang memberikan rasa pedas pada cabai) di dalam paprika.

Mengobati Masalah Kulit
Sifat antibakteri dalam paprika menjadikannya efektif untuk pengobatan masalah kulit yang disebabkan bakteri. Jerawat adalah salah satunya. Rajin konsumsi paprika akan membantu dalam mencegah terjadinya jerawat.

Mengobati Varises
Paprika berguna untuk pencegahan dan pengobatan varises karena dapat memperkuat pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Jika Anda memiliki varises di kaki, Anda tinggal mengonsumsi sayuran ini secara rutin untuk mengatasinya.

Mencegah Rambut Rontok
Paprika merupakan sumber vitamin B6 yang membantu dalam mencegah rambut rontok. Paprika juga mengandung zat besi yang memfasilitasi peredaran oksigen ke folikel rambut. Ini akan merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

Menjaga Warna Rambut
Vitamin B6 dalam paprika berhubungan erat dengan produksi melanin, yaitu pigmen yang menentukan warna rambut. Paprika bubuk bahkan dapat dimanfaatkan untuk mewarnai rambut secara alami.

Namun, sebelum menggunakannya di kulit kepala Anda, disarankan untuk melakukan tes alergi di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.