Inilah Aturan Pilih Teman Berdasarkan Syariat Islam

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Aturan Pilih Teman Berdasarkan Syariat Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri sehingga membutuhkan seorang teman. Akan tetapi dalam aturan Islam, Allah menentukan siapa yang layak dijadikan teman dekat.

Bukan berarti pilih-, namun Islam memerintahkan umatnya untuk memilih teman yang mengajak pada kebaikan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku, kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Alquran ketika Alquran itu telah datang kepadaku. Dan adalah setan itu tidak mau menolong manusia” (QS. Al Furqan: 27-29).

Ayat di atas menjelaskan, bahwa orang yang telah disesatkan adalah ‘Uqbah bin Abi Mu'ith, sedangkan si fulan yang telah menyesatkannya dari petunjuk Alquran adalah Umayyah bin Khalaf atau saudaranya Ubay bin Khalaf. Akan tetapi secara umum, ayat itu juga berlaku bagi setiap orang zalim yang telah memilih mengikuti sahabatnya untuk kembali kepada kekafiran setelah datang kepadanya hidayah Islam. Sampai akhirnya dia mati dalam keadaan kafir sebagaimana yang terjadi pada ‘Uqbah bin Abi Mu'ith.

Untuk itu, memilih teman memang bukan perkara sepele. Rasulullah bersabda: “Seseorang itu berada pada agama teman karibnya, maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapakah yang dia jadikan teman karibnya” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ahmad).

Ketahuilah, bahwa tidak semua orang layak dijadikan teman karib. Maka dari itu, orang yang dijadikan teman dekat harus memiliki sifat-sifat yang memang menunjang persahabatan dan mengajak ke jalan Allah. Hal ini, agar Anda tidak merugi di akhirat. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.