Inilah Cara Efektif Memuji Si Kecil Dengan Tepat

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Cara Efektif Memuji Si Kecil Dengan Tepat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memuji adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan perilaku positif . Namun, kebanyakan orang tua belum memahami pentingnya memberikan pujian kepada anak dengan cara yang tepat.

Orang tua sering memberikan pujian yang sifatnya hanya terdengar menyenangkan anak saja tanpa alasan atau justifikasi yang jelas. Usaha-usaha tersebut pada akhirnya tidak akan membantu perkembangan anak yang optimal.

Nah, agar pujian Anda bisa efektif, coba ikuti langkah berikut ini:

Puji anak dengan cara realistis

Berikan pujian pada anak yang menekankan sisi positif atau perilaku positif yang menjadi kekuatan anak. Beri pula masukan pada anak tentang hal yang sebaiknya mereka perbaiki.

Fokuskan pujian pada bakat atau minat yang disukai anak

Jika anak menyukai balet, menari, menyanyi, berenang atau bermain bola, pujilah setiap pencapaian yang telah diperolehnya. Hal ini akan mempengaruhi usaha anak untuk lebih lagi pada bidang-bidang lainnya. Pujian yang tepat akan membantu pengembangan sisi emosi positif anak.

Pujilah usaha anak

Yang terpenting tidak hanya memberikan pujian ketika anak memperoleh hasil terbaik. Tapi, puji anak untuk setiap perkembangan dan usaha baik yang mereka lakukan.

Jangan pernah membandingkan anak

Jika hal ini dilakukan akan membuat anak menjadi demotivasi dan bisa menurunkan penghargaan anak terhadap dirinya sendiri. Anak merasa tak dihargai atau dicintai. Pastikan anak melakukan sesuatu karena dia menyukainya, bukan karena ingin mengalahkan temannya. Atau ingin menunjukkan bahwa dia lebih pintar dari teman atau saudara sekandungnya.

Membuat kesalahan bagian dari proses belajar

Pastikan bahwa Anda memahami perasaan kecewanya dan tekankan bahwa kegagalan tersebut merupakan bagian dari proses belajar. Yang terpenting anak telah melakukannya dengan baik. Berikan contoh atau pengalaman orang-orang terkenal yang melakukan segalanya dari bawah dan gigih dalam menggapai apa yang dinginkannya.

Rasa penasaran

Hal lain yang membuat anak kecil suka melempar barang adalah akibat rasa penasarannya yang tinggi. Karena ada beberapa barang yang tidak naik kembali setelah dilempar, ada yang memantul atau mengeluarkan sesuatu setelah dilempar seperti buah. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan bagi anak-anak. (ibudanbalita.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.