Inilah Cara Sederhana Merawat AC Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Cara Sederhana Merawat AC Mobil Agar Tidak Cepat Rusak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sistem pendingin atau AC pada mobil memerlukan perhatian khusus agar terawat dan awet. Pada umumnya, akan bermasalah ketika usia pemakaian mobil sudah mencapai dua tahun dari kondisi barunya.

Apalagi AC pada mobil merupakan salah satu fitur penting. Sebab, keberadaan AC akan membantu kenyamanan berkendara dalam segala cuaca. Maka dari itu, perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan, agar AC mobil dapat selalu dalam kondisi prima.

Sayangnya, banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan perawatan AC. Alhasil, AC mobil mulai bermasalah, hingga kemudian menjadi rusak. Sebelum AC mobil rusak semakin parah, sebaiknya Anda perlu mengetahui cara sederhana AC Mobil agar tidak cepat rusak.

Menurut pemilik bengkel AC Pondok Bambu, Jakarta, Ahmad Hidayat, menjelaskan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan saringan AC pada mobil agar tetap nyaman dipakai.

Kedua, setahun sekali perawatan wajib dilakukan dengan melakukan pengecekan ke bengkel seperti ganti filter, ganti ekspansi, dryer, freon juga dikuras. “Tapi kebanyakan menganggap, AC masih dingin tidak perlu diservis,” ungkapnya.

Selain itu, Anda juga harus membersihkan rumah kipas dengan cara mencuci atau menyemprotnya dengan angin.

Cara perawatan lain,yaitu dengan membersihkan kondensor AC melalui semprotan air. “Dengan sering dibersihkan kondensor yang menjadikan embusan udara, AC akan lebih cepat dingin,” ujarnya. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.