Inilah Cara Tepat Rawat Mobil Matik Agar Lebih Awet

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Cara Tepat Rawat Mobil Matik Agar Lebih Awet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini mobil transmisi matik semakin banyak peminatnya. Hal ini, karena anggapan mereka bahwa mobil tanpa gigi dianggap membuat pengendara tidak cepat pegal saat mengemudi. Terlebih lagi, kala jalanan macet.

Kendati demikian, mobil jenis ini terkadang dianggap cukup merepotkan dibanding mobil manual. Lantas, benarkah anggapan itu?.

Secara keseluruhan, perawatan mobil jenis matik tidak begitu berbeda dengan manual. Hanya saja, ada beberapa item butuh perhatian ekstra seperti persneling, gearbox hingga oli khusus.

Selain itu, supaya usia pakai mobil lebih lama, perawatan secara berkala juga menjadikan menjadi lebih terjamin sehingga performa mumpuni saat di jalan.

Sementara itu, komponen matik yang krusial dan perlu perhatian khusus, yaitu pada gearbox. Pasalnya, perangkat inilah yang menjadi prioritas dalam perawatan agar sesuai dengan prosedur. Termasuk dalam penggunaan pelumas Automatic Transmission Fluid (ATF).

Pelumas ATF sendiri tidak hanya melumasi, tapi lebih dari itu. Prinsip kerja hidraulis dalam gearbox matik butuh ATF untuk mengatur pindah gigi dan kerja pelat kopling.

Secara umum, perawatan pergantian oli transmisi atau ATF rata-rata mencapai 20 ribu kilometer atau dua tahun. Bahkan, jika pemakaian mobil matik wajar dan benar, masa pakainya bisa mencapai 40 ribu kilometer. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.