Inilah Kelebihan dan Keunikan Burung Hantu

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Kelebihan dan Keunikan Burung Hantu
Dua ekor burung hantu milik warga Sumenep

PortalMadura.Com – Burung hantu memiliki kemampuan dalam mengendalikan populasi hama tikus. Hasil penelitian menyebutkan, tidak ada cara yang berhasil untuk mengatasi tikus di sekitar hutan kecuali memanfaatkan musuh alaminya, yaitu burung hantu.

Dalam pertanian, sepasang burung hantu bisa melindungi 25 hektar tanaman padi. Karena dalam waktu satu tahun, satu ekor burung hantu dapat memangsa 1.300 ekor tikus.

Burung hantu yang dimaksud, yakni jenis Tyto alba (Serak Jawa) yang populer di Indonesia. Cara berburu hama tikus, mengandalkan terbangnya tanpa suara dan kepekaan indera pendengaran dan ketajaman matanya.

Burung hantu, berbeda dengan elang yang mengandalkan kecepatan untuk menangkap mangsa. Atau burung rangkong di hutan belantara yang mengandalkan kekuatan dan kejutan. (baca : Rumah Mewah Milik Warga Sumenep Dihuni Burung Hantu)

Sebagai hewan predator, burung hantu dapat melihat di kegelapan. Ketajaman matanya tiga kali ketajaman mata manusia. Lehernya fleksibel lantaran dapat berputar 270 derajat ke empat arah : kanan, kiri, atas, dan bawah.(Dari berbagai sumber.net/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.