Inilah Manfaat Utama Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Manfaat Utama Menyusui Bagi Ibu dan Bayi
ilustrasi

PortalMadura.Com bukan cuma memberi manfaat bagi bayi, tetapi juga ibu. Bahkan sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa menyusui mampu menurunkan risiko kanker bagi ibu.

Ingin tau manfaatnya? Simak selengkapnya Manfaat Utama Menyusui Bagi Ibu dan Bayi seperti yang dilansir berikut ini.

Manfaat Menyusui Bagi Bayi
1. Mencegah Infeksi
Memberikan ASI pada bayi bisa membantu menurunkan resiko infeksi yang mungkin saja terjadi pada bayi. Karena sifat-sifat yang terkandung dalam air susu ibu bermanfaat mengurangi resiko terjadinya infeksi telinga pada bayi.

2. Pencernaan
Saluran pencernaan pada bayi belum dapat mencerna makanan padat, karena itulah dengan memberikan ASI bisa menghindarkan bayi dari sembelit karena ASI lebih mudah dicerna oleh bayi.

3. Kecerdasan
Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif tingkat kecerdasannya relatif lebih tinggi jika dibandingkan anak-anak yang tidak diberikan ASI.

4. Kesehatan Gigi
Anak-anak yang mendapatkan ASI biasanya lebih cenderung tidak akan mengalami banyak gangguan atau masalah pada pertumbuhan gigi. Proses mengisap pada waktu menyusui akan membantu bayi untuk mendapatkan satu set gigi tumbuh dengan baik.

Manfaat Menyusui Bagi Ibu
1. Mencegah Kanker
Menyusui bayi baik bagi ibu karena dengan menyusui dapat mengurangi kemungkinan resiko kanker, baik itu kanker payudara, kanker serviks maupun kanker ovarium.

2. Mengurangi Pertambahan Berat Badan
Salah satu cara menurunkan berat badan paling cepat setelah melahirkan adalah dengan menyusui. Ibu yang sedang menyusui akan banyak membakar kalori. Ibu menyusui membutuhkan paling tidak 20 kalori untuk bisa membakar 1 ons susu.

3. Rahim Lebih Cepat Kembali ke Ukuran Semula
Rahim pada ibu menyusui akan lebih cepat menyusut ke ukuran sebelum kehamilan pada saat ibu menyusui bayi baru lahir.

4. Meningkatkan Ikatan Ibu dan Bayi
Proses menyusui bisa memberikan kedekatan yang terjalin antara seorang ibu dan buah hati menjadi lebih besar. Ikatan kasih sayang yang dibuat ibu ke bayi baru lahir akan menjadi lebih kuat pada proses menyusui

Bagi Anda yang baru saja melahirkan buah hati maupun bagi Anda calon ibu yang sedang mengandung, pastikan bahwa kelak Anda akan melakukan aktivitas menyusui demi kebaikan bayi dan juga demi kesehatan ibu menyusui. (pondokibu.com/Diyah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.