IPTEK  

Inilah Mobil Tanpa Supir

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Mulai Januari tahun depan, jalanan di Inggris akan dijadikan ajang uji coba untuk (driverless). Mobil tanpa supir sebenarnya sudah digunakan oleh tentara Inggris. Mobil itu dibuat oleh MIRA, perusahaan disain dan juga mesin kendaraan.

Uji coba mobil tanpa supir di Inggris ini bukan yang pertama kali. Sejumlah negara seperti Singapura, Jepang dan Jerman sudah lebih dulu melakukan uji coba di jalanan umum.

Bukan itu saja, Google juga sudah mempunyai rencana untuk menguji coba prototype mobil yang berbasis komputer yang tidak punya setir atau pedal di California pada musim panas tahun ini.

Google mengungkapkan, mobil tersebut akan mengurangi beban pengemudi dalam mengendarai mobil. Meski mobil tanpa supir akan mulai diuji coba, sejumlah politisi di Inggris mengkhawatirkan keselamatan di jalanan umum. Karena itu, mereka berharap sudah ada aturan tentang mobil tanpa supir itu.

Keterangan resmi dari pemerintah Inggris menyebutkan, pengendara mobil itu bisa melakukan pilihan untuk mengendalikan mobil itu sendiri atau membiarkan mobil itu jalan sendiri. Mobil tanpa supir itu juga masih memungkinkan pengemudinya untuk mengambil alih kemudi secara penuh. (TIME/suara)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.