Inilah Saat yang Tepat Anak Anda Memakai Behel

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Saat yang Tepat Anak Anda Memakai Behel
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasuki usia anak yang semakin bertambah, biasanya juga diikuti dengan tumbuh kembangnya, misalnya mengenai masa pergantian gigi susu dengan gigi tetap.

Masa tumbuhnya gigi tersebut terkadang tidak sesuai harapan, ada yang berjejal ada juga yang berantakan. Jika hal tersebut terjadi, orang tua biasanya tidak tahan melihatnya lalu mendatangi dokter untuk memberikan behel atau pada anaknya.

Kawat gigi pada anak berfungsi sebagai alat untuk mengoreksi susunan gigi yang tumbuh berdesakan, tidak serasi atau menyimpang dari pola normal. Sebelum itu, dokter gigi biasanya akan melakukan pemeriksaan pada gigi, rahang, mulut, pemeriksaan dengan sinar X dan pembuatan cetakan bentuk gigi/rahang untuk menentukan jenis perawatan yang diperlukan.

Namun, orang tua wajib tahu bahwa faktor usia anak dan tingkat keparahan keadaan giginya turut menentukan jenis kawat gigi yang akan dipakai lho. Berikut ini ada dua jenis kawat gigi yang perlu menjadi pertimbangan Anda.

Kawat Gigi Lepasan
Kawat ini untuk memperbaiki masalah minor pada gigi anak dalam masa pertumbuhannya. Jenis ini bisa dipasang dan dilepas sendiri sehingga tingkat keberhasilannya tergantung pada kepatuhan anak menggunakan kawat gigi secara rutin. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara anak, orang tua dan dokter gigi dalam pengawasan pemakaiannya. Jika tidak, kemungkinan besar untuk membuat gigi terlihat indah tidak akan berhasil.

Kawat Gigi Permanen
Digunakan untuk mengoreksi letak beberapa gigi sekaligus dan mencegah masalah yang membahayakan kesehatan di kemudian hari. Jenis kawat ini hanya bisa dipasang/dilepas oleh dokter gigi dan terus dipakai sampai perawatan dinyatakan selesai.

Jadi, keberhasilan perawatan tergantung pada kepatuhan anak untuk memelihara kebersihan gigi dan mulut, menjaga pola makan dan rutin menjalani kontrol perawatan ke dokter gigi pada waktu yang telah ditentukan.

Disamping itu, hasil optimal perawatan kawat gigi pada anak, tergantung pada ketepatan pemilihan waktu untuk memulainya. Kunci utama keberhasilan perawatan adalah sikap kooperatif anak.

Sebelumnya, berilah penjelasan agar anak memahami apa yang akan dilakukan pada giginya, sehingga ia bisa diajak bekerja sama selama menggunakan kawat gigi tersebut.

Perlu diingat, bahwa tidak dibenarkan memakai kawat gigi dengan tujuan mengikuti fashion. Pemasangan kawat gigi yang tidak semestinya justru akan membuat keadaan gigi tidak harmonis bahkan acak-acakan. Oleh karena itu, pemasangan kawat gigi harus dikerjakan oleh dokter gigi yang berpengalaman setelah melalui tahapan-tahapan pemeriksaan, dan bukan di salon kecantikan.

Alangkah lebih baik jika Anda mengajak anak konsultasi ke dokter gigi sejak dini, untuk gigi yang sehat terawat, mengantisipasi masalah kesehatan di masa mendatang dan membuat anak lebih percaya diri di kemudian hari. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.