PortalMadura.com

Inilah Struktur Lapisan Bumi yang Wajib Kamu Pelajari

  • Jumat, 11 November 2016 | 07:00
Inilah Struktur Lapisan Bumi yang Wajib Kamu Pelajari
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bumi merupakan anggota tata surya yang reliefnya tidak rata. Data geografi memaparkan bahwa bumi memiliki diameter 7.926 mil. Bumi diselubungi atmosfer yang tersusun atas, troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

Kelima lapisan tersebut merupakan lapisan utama. Dengan adanya atmosfer, udara, air, kehangatan, dan perlindungan dari sinar matahari berbahaya tersedia untuk manusia. Dengan kata lain, atmosfer adalah salah satu penyebab adanya kehidupan di muka bumi.

Planet bumi terdiri dari 4 lapisan, yaitu kerak bumi, selimut bumi, inti luar, dan inti dalam. Seiring dengan kedalaman lapisan bumi, tekanan, dan suhu pun meningkat.

Bagaimana bentuk dan uraian lapisan bumi tersebut? Yuk, simak ulasannya!

Kerak Bumi (Crush)
Kerak bumi merupakan lapisan terluar dari planet bumi. Di sinilah tempat tinggal seluruh makhluk hidup. Kerak bumi ini terdiri dari batuan beku, metamorf, dan sedimen.

Lapisan kerak bumi memiliki ketebalan 32 km. Bagian kerak bumi yang paling tebal terdapat di bawah benua. Ketebalannya mencapai 65 km. Bagian bawah samudera adalah lapisan tertipis dari kerak bumi. Ketebalannya hanya sekitar 8 km.

Ciri kerak bumi yang satu ini yakni memiliki pegunungan, dataran luas dan datar serta palung laut. Suhu di lapisan terbawah kerak bumi mencapai 1.100o C.

Kerak bumi merupakan lapisan bumi yang aktif bergerak. Faktanya terkuak dari zaman purbakala dimana seluruh daratan saat itu menyatu dan sangat luas.

Tapi, pada suatu masa, daratan tersebut terpecah-pecah. Pecahannya kemudian mengapung dan membentuk lempeng.

Para ilmuwan mengemukakan bahwa ketika itu bumi terpecah menjadi 16 lempeng besar dan sejumlah lempeng kecil. Lempeng-lempeng tersebut membentuk samudera dan benua.

Saking aktifnya, lempeng yang bergerak 10 cm per-tahun ini sampai membuat tanah bergetar dan gunung berapi meletus. Dalam jangka waktu tertentu bahkan membentuk barisan pegunungan raksasa.

Selimut Bumi (Mantle)
Inilah lapisan terbesar dari planet bumi. Lapisan selimut bumi terdiri dari besi, aluminium, kalsium, magnesium, silikon, dan oksigen.

Sekitar 80% massa bumi terdapat di lapisan selimut bumi. Suhunya mencapai 1600-4000o F. Di lapisan ini pula tersimpan magma gunung berapi.

Secara keseluruhan, selimut bumi mempunyai ketebalan 1.802 mil. Lapisan selimut bumi terbagi menjadi bagian atas dan bawah. Bagian selimut bumi yang di atas lebih dingin daripada lapisan selimut bumi bawah.

Inti Bumi Bagian Luar
Inti bumi merupakan lapisan terdalam dari planet bumi. Ketebalannya 3.500 km dan menjadi pusat massa bumi sehingga sangat padat. Aktivitas magnetik dan gravitasi bumi dibangkitkan di lapisan ini.

Inti bumi bagian luar termasuk bola logam yang sangat panas dan cair. Di dalamnya terdapat besi dan nikel. Meskipun demikian, tingkat kepadatannya begitu tinggi.

Banyak ilmuwan yang berpendapat bahwa lapisan inti luar bumi mengandung sulfur dan oksigen. Kedua elemen ini mudah larut dalam besi cair yang terdapat di lapisan inti bumi.

Inti luar memiliki ketebalan sekitar 1.400 km dan suhunya 8000-11.000o F. Ketika bumi berputar, inti luar ini menghasilkan magnet bumi. Magnet bumi tersebut berfungsi sebagai pengarah kompas magnetik.

Inti Bumi Bagian Dalam (Innet Core)
Inti bumi juga terdiri dari inti bagian dalam yang suhunya mencapai 9000-13.000o F. Panas suhu di bagian inti bumi bagian dalam lebih dari matahari. Ketebalan inti bumi ini sekitar 800 mil.

Demikianlah tadi seputar lapisan bumi yang wajib kamu pelajari. Tujuannya, supaya kamu lebih mengenal karakter bumi yang kamu tinggali ini. (tandapagar.com/choir)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional