PortalMadura.com

Inilah Trik Jitu Redakan Stres di Tempat Kerja

  • Sabtu, 5 Agustus 2017 | 13:00
Inilah Trik Jitu Redakan Stres di Tempat Kerja
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidak dapat dipungkiri dalam dunia kerja pastinya ada berbagai tanggung jawab yang harus diemban oleh setiap karyawan. Banyaknya beban kerja yang dilimpahkan terkadang membuat sebagian orang merasa tertekan dan stres di kantor.

Saat sudah seperti ini, melakukan pekerjaan biasanya akan membuat mereka susah untuk berkonsentrasi. Jika tidak segera diatasi tentunya akan menganggu pada kesehatan mental dan fisiknya sendiri.

Nah, apakah Anda bagian dari orang yang merasa stres di kantor?. Mulai sekarang Anda harus mengatasinya. Salah satu cara efektif untuk meredakan stres yaitu dengan bermain video game. Pasalnya, bermain video game bisa menstabilkan kemampuan afektif, sehingga dapat membantu meredakan stres yang dirasakan.

Di sisi lain, orang-orang yang mengisi waktu istirahat dengan diam saja bisa makin merasa tidak semangat untuk bekerja, rasa cemas pun bisa makin meningkat.

Menurut mahasiswa doktoral University of Central Florida, Michael Rupp, memaparkan, “Kita sering memvorsir tenaga sepanjang hari untuk menyelesaikan pekerjaan yang bisa jadi malah kurang efektif dibandingkan mengambil jeda istirahat beberapa menit. Kita perlu meluangkan waktu istirahat untuk melakukan aktivitas menyenangkan, seperti video games yang dapat mengembalikan semangat”.

Kapolres Sumenep

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Human Factors: The Journal of the Human Factors and Ergonomics Society, Rupp dan timnya menggunakan uji berbasis komputer untuk menciptakan kejenuhan pada 66 partisipan yang kemudian diberi istirahat 5 menit. Pada saat istirahat tersebut, para partisipan bisa bermain video game ringan Sushi cat, melakukan kegiatan relaksasi terpandu, atau duduk diam di ruang pengujian tanpa menggunakan ponsel atau komputer.

Dari pengujian tersebut, disimpulkan bahwa partisipan yang bermain video game ringan bisa lebih cepat kembali pulih daripada yang melakukan kegiatan relaksasi.

Hanya saja memang untuk yang bekerja di bidang yang berkenaan dengan keselamatan dan kesehatan bisa mengalami implikasi yang berbeda. Poin pentingnya adalah usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk istirahat di sela-sela kesibukan kerja.

Karena, kalau terus divorsir untuk kerja, tingkat stres bisa meningkat dan kerja tidak lagi optimal. Semoga informasi ini bisa membuat kerja Anda menjadi lebih nyaman dan tidak stres lagi. (vemale.com/Putri)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional