Jaga Kelestarian Lingkungan, Sumenep Tanam 1 Juta Lebih Bibit Pohon

Avatar of PortalMadura.Com
Jaga Kelestarian Lingkungan, Sumenep Tanam 1 Juta Lebih Bibit Pohon
Bupati Sumenep A Busyro Karim Tanam Pohon

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan penanaman bibit pohon tahun 2014 sebanyak 1.940.901 batang. Penanaman pohon, Rabu (10/12/2014) yang dilakukan di Desa Nyabakan Barat, Kecamatan Batang-Batang mencapai 4.206 bibit pohon dengan 13 jenis bibit tanaman.

Bupati Sumenep, A mengungkapkan, menanam pohon dan merawatnya adalah ibadah. Dalam ajaran Islam juga diajarkan untuk berhubungan baik sesama manusia, hewan maupun berbuat baik dengan lingkungan, termasuk tanaman.

“Marilah niatkan kegiatan menanam pohon ini sebagai bentuk ibadah,” kata Busyro, dalam kegiatan Puncak Peringatan Hari Menaman Pohon Indonesia (HMPI), Bulan Menaman Nasional (BMN) Dan Pekan Penghijauan Dan Konservasi Alam (PPKA) tahun 2014 di Desa Nyabakan Barat, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep.

Menurut dia, hutan Indonesia merupakan tempat keanekaragaman tertinggi yang memiliki hutan 10 persen dari lahan tanaman di dunia. Sedangkan  alih fungsi lahan yang hilang mencapai 8.400 hektar pertahun yang hampir 3 kali lipat kegiatan penambangan hutan dunia.

“Oleh karenanya, warga Sumenep harus rajin menanam pohon, termasuk memeliharanya,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, Ir.Edy Sutrisno, mengungkapkan, sasaaran kegiatan penanaman pohon di Sumenep, meliputi ; lokasi kawasan hutan konservasi hutan lindung dan hutan rusak atau tidak produktif, termasuk di kawasan kritis, lahan tidak produktif serta lahan kosong yang ada di sejumlah wilayah di Kabupaten Sumenep.

“Untuk jenis pohon yang ditanam, seperti pohon jati, mahoni, akasia, sawu kecik, motua,  gaharu terang besi, tanjung, kesambi, nyamlong, sengon, sukun dan nangka. Total yang bakal ditanam mencapai 1.940.901 pohon,” urainya.(eno/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.