Jangan Anggap Remeh, Ini Kitab yang Akan Diterima Manusia Saat Pengadilan Kiamat

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Anggap Remeh, Ini Kitab yang Akan Diterima Manusia Saat Pengadilan Kiamat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tahukah Anda apa itu ?. Ini merupakan kitab yang akan diterima umat manusia saat berada di pengadilan akhirat. Kitab ini mencatat apa saja yang sudah dikerjakan oleh manusia selama hidup di dunia.

Tidak perlu saksi seperti halnya pengadilan yang ada di dunia. Karena Allah SWT memiliki bukti autentik yang tidak bisa dibantah oleh siapapun. Perlu diketahui, bahwa setelah peristiwa kiamat terjadi itu bukanlah akhir dari segalanya, masih ada proses yang akan di lalui manusia. Mulai dari pembangkitan manusia dari berbagai zaman di Padang Mahsyar lalu proses pengadilan paling agung di alam semesta yakni Yaumul Hisab.

Jadi, jangan sampai Anda menganggap remeh peristiwa yang akan terjadi ini. Akan tetapi, kenyatannya manusia justru mengentengkan perbuatan dosa yang sudah dilakukan di dunia. Padahal, semua tindakan tersebut akan meminta pertanggungjawaban ketika di akhirat. Nantinya manusia tidak akan bisa membantah, karena Allah SWT memiliki bukti yang tidak terbantahkan.

Di dalam Kitabun Marqum inilah, Malaikat Allah mencatat segala amal baik dan amal buruk manusia selama menjalani kehidupan di dunia. Tidak akan ada yang terlewat, semuanya terekam dan tertulis dengan benar.

Tiap-tiap umat dipanggil untuk melihat kitab catatan amalnya. Inilah kitab catatan amalmu. Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya kami telah menyuruh mencatat dengan benar apa yang telah kamu kerjakan” (QS. Aljasiah [45]:28,29).

Kitabun Marqum terdiri atas dua kitab. Kitab pertama bernama Sijjin, kitab ini berisi catatan amal manusia yang durhaka kepada Allah SWT. Hal-hal yang batil yang dilakukan selama menjalani hidup didunia tidak bisa dibantah lagi. Manusia menjadi saksi atas kejahatannya sendiri.

Allah mengingatkan manusia, “Sekali-kali jangan curang, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam sijjin. Tahukah kamu, apakah sijjin itu?. Ialah Kitabum Marqum (kitab yang tertulis” (QS. Almutaffifin [89]:7-9).

Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan” (QS. Al-Qamar [54]: 52). “Pada hari itu, diberikan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya. Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri” (QS. Al-Qiamah [75]: 13-14).

Orang kafir dan munafik yang durhaka ini akan menerima kitab catatan amalnya dengan tangan kiri mereka” (QS. Al-Haqqah [69]: 25), bahkan ada yang menerima dari belakang punggung mereka. Qalallahu Ta'ala:

Wajah calon penghuni neraka itu sangat ketakutan seperti serigala yang takut pada singa.

Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakangnya, maka dia akan berteriak: “Celakalah aku” dan ia akan masuk kedalam api Neraka yang menyala-nyala” (QS:Al-Insyiqaq:10-11-12).

Kitabum Marqum selanjutnya bernama Illiyyin. Kitab ini mencatat amal manusia yang melakukan amal kebaikan. Orang-orang beriman akan menerima kitab catatan amalnya itu dengan tangan kanannya.

Dan barang siapa yang diberi kitab catatan amal di tangan kanannya, maka mereka ini akan membaca bukunya itu. Dan mereka tidak dianiaya sedikitpun” (QS. Isra' [17]: 71).

Semoga nantinya Anda semua bisa menerima Kitabun Marqum yang bernama Illiyyin ini. Karena dengannya adalah pertanda baik akan dimasukan ke surga Allah yang luasnya seluas langit dan bumi. Wallahu A'lam.(infoyunik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.