Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Tersembunyi Biji Avokad Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Tersembunyi Biji Avokad Bagi Kesehatan
ilustrasi (Tempo.co)

PortalMadura.Com – Avokad merupakan salah satu buah yang dikenal kaya manfaat dan mengandung lemak nabati. Buah dengan cita rasa creamy ini memang disukai oleh kebanyakan orang. Sayangnya, selama ini sebagian orang hanya mengambil daging buahnya dan membuang bijinya.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa ternyata mengandung antioksidan, serat dan fenolik yang jauh lebih tinggi dari dagingnya.

Selain itu, biji avokad mengandung senyawa antioksidan bernama fenol yang membantu dalam menurunkan kolesterol, hipertensi, mencegah diabetes, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biji buah yang satu ini juga diperkaya dengan sifat sehat lainnya seperti anti mikroba.

Berikut lima manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi biji avokad:

Tinggi akan Antioksidan
Penelitian menunjukkan, bahwa biji avokad mengandung 70% antioksidan fenolik yang terbukti dapat mengurangi kolesterol serta memerangi efek buruk radikal bebas.

Mendukung Kesehatan Jantung
Sifat anti inflamasi yang ada dalam biji avokad membantu mencegah plak di arteri. Sehingga, bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke dan mendukung kesehatan jantung.

Meredakan Nyeri Sendi
Biji avokad sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi. Biji ini juga diperkaya dengan sifat anti jamur dan dapat mengurangi berbagai bentuk radang dan kanker.

Meningkatkan Pencernaan
Biji avokad membantu memerangi berbagai masalah pencernaan. Seperti maag, disentri, hingga risiko kanker usus.

Kaya Serat
Biji avokad kaya akan serat larut yang sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan serta mengurangi kolesterol maupun hipertensi.

Jika Anda ingin memanfaatkan biji avokad, Anda bisa mengolahnya dengan resep berikut ini:

Bahan:

1/2 biji avokad
4 buah apel
1 buah pisang
2 buah lemon
Secangkir bayam
Segenggam peterseli
1/4 sdt jahe
1 batang seledri

Cara membuat:

Pertama, blender biji avokad hingga berubah menjadi bubuk. Lalu bagi menjadi 2 bagian. Kemudian, campur bagian pertama dengan semua bahan, sementara simpan bagian sisanya untuk olahan berikutnya.

Setelah Anda mencampur bagian pertama hingga lembut, saringlah sebelum dikonsumsi. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan madu untuk semakin menambah manfaat sehatnya. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.