Jangan Mengeluh, Mulailah untuk Lebih Pandai Bersyukur

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Mengeluh, Mulailah untuk Lebih Pandai Bersyukur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir semua orang yang ada di muka bumi ini pasti pernah atau bahkan sering yang namanya mengeluh. Entah karena persoalan di rumah, teman, pekerjaan, ataupun hal lainnya.

Mengeluh tidak akan serta-merta menyelesaikan masalah, hanya energi negatiflah yang Anda dapatkan. Kemungkinan besar hal tersebut akan mengurangi nilai pahala yang ada pada dirinya sendiri.

Padahal, setiap masalah atau kesulitan yang Allah berikan, bisa menghapus dosa-dosa Anda. Jadi semestinya Anda jika diberikan masalah, sebesar apapun itu. Bukannya malah protes atau bahkan merasa tidak punya dosa sampai-sampai bertanya “Salah apa hamba ya Allah?”.

Pada dasarnya memang sangat sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, cobalah mengganti pilihan kata yang diucapkan saat mengeluh dengan hal berikut :

“Alhamdulillah… Terimakasih ya Allah saya telah diberi ujian besar, semoga ini bisa menghapus dosa-dosa yang pernah saya lakukan selama ini”.

Sayangnya, sedikit sekali yang menyadari hal ini, bisa jadi karena merasa diri sendiri bersih dan sudah banyak melakukan amal kebaikan, sehingga merasa tidak pantas diberi ujian sulit oleh Allah SWT. Astagfirullah…

Bisa jadi juga karna terbiasa mengeluh karena memang Allah memberikan sifat bawaan dalam diri setiap manusia untuk mudah mengeluh :

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan, ia berkeluh kesah. Apabila ia mendapat kebaikan, ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang tetap mengerjakan shalatnya,” (Al-Ma'arij: 19-22).

Oleh karena itu, mulailah untuk menyadari hal-hal kecil yang ada dalam diri Anda dan merubah perilaku yang kurang baik. Beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu menjadikan diri Anda pandai bersyukur bahkan di tengah banyaknya masalah.

Selalu Ingat Hidup Ini Singkat dan Hanya Sementara
Kalau tahu hidup ini singkat saja, buat apa Anda habiskan waktu untuk protes dan mengeluh? Lebih baik lakukan hal yang lebih bermanfaat.

Mengeluh Akan Membawa Lebih Banyak Kesulitan
Pahamilah bahwa keluhan itu membawa energi negatif, semakin banyak mengeluh maka akan semakin banyak kesulitan yang menghampiri.

Bersyukur Akan Menambah Nikmat
Banyak orang yang terbalik pola pikirnya “Dapat nikmat baru bersyukur” Makanya mereka jarang bersyukur karena merasa jarang dapat nikmat.

Padahal pola pikir yang benar adalah “Bersyukurlah maka akan dapat banyak nikmat.” Jadi orang-orang yang nikmatnya banyak, meskipun tidak kaya, tidak cantik, tidak hebat tapi terlihat hidupnya sangat nikmat, bisa jadi karena mereka pandai bersyukur.

Apapun masalah yang Anda hadapi, percayalah bahwa itu masih dalam taraf yang sanggup Anda terima dan bisa dilalui, karena Allah SWT tidak akan pernah salah menilai hambanya. Jadi, mana yang dipilih? Mau terus mengeluh atau mulai belajar bersyukur? (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.