Jangan Panik! Ini Penyebab Mobil Susah Distarter

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Panik! Ini Penyebab Mobil Susah Distarter
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mungkin bagi pengemudi, hal yang paling menjengkelkan pada sebuah mobil adalah sulit distarter. Terlebih, peristiwa itu terjadi saat di tengah jalan raya yang padat lalu lintas. Bahkan, mobil yang sebelumnya tidak menunjukkan permasalahan sama sekali tiba-tiba mengalami hal tidak mengenakkan ini sesaat setelah mobil berhenti.

Sebenarnya, itu tidak banyak penyebabnya. Hanya saja, bisa karena sistem kelistrikan dan mesin yang bermasalah.

“Yang juga sering terjadi, karena Aki mulai lemah, sehingga putaran motor starter lemah dan busi api juga kecil,” kata Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman.

Iwan menambahkan, kemungkinan yang lain di antaranya, karena dinamo starter sudah rusak akibat lamanya usia pemakaian. Dinamo starter yang rusak, hanya dapat diketahui saat menghidupkan mesin mobil timbul bunyi.

“Beberapa komponen juga mengalami kerusakan kalau mobil sulit distarter. Seperti busi, kabel busi dan koil. Ketiga komponen itu akan selalu berhubungan. Jika salah satu mengalami kerusakan, dipastikan mesin enggak bakal hidup meski sudah distarter,” ujarnya.

Selain itu, mobil juga sulit distarter lantaran kompresi silinder yang rendah, choke bermasalah, injektor kotor atau saringan udara kotor dan tersumbat debu.

“Kondisi ini menyebabkan mesin sulit dinyalakan setelah mobil berjalan jauh atau mesin dimatikan,” ungkapnya. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.