Jumat Ini, Matahari Tepat di Atas Ka’bah Waktunya Perbaiki Arah Kiblat

Avatar of PortalMadura.Com
Jumat Ini, Matahari Tepat di Atas Ka'bah Waktunya Perbaiki Arah Kiblat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hari ini, Jumat (15/7/2016), tepat pada pukul 16.27 Wib atau pukul 17.27 Wita akan terjadi fenomina Rashdul Kiblat atau Matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah.

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menghimbau kepada umat Islam di tanah air yang akan memperbaiki arah Kiblat masjid atau musalla untuk memanfaatkan momentum tersebut.

Peristiwa Rashdul Kiblat ini mengakibatkan bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah ke arah Ka’bah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Muhammad Tambrin, dikutip PortalMadura.Com, Jumat (15/7/2016) pada halaman kemenag.go.id, menyebutkan ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengkuran arah kiblat.

Pertama, memastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar tegak lurus, untuk hal ini masyarakat bisa menggunakan bandul sebagai alat bantu.

Kedua, pastikan bahwa permukaan dasar betul-betul datar dan rata, sehingga bayang-bayang benda tidak bergelombang. Dan ketiga, waktu pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom, agar benar-benar tepat dengan momentum rashdul kiblat.(kemenag.go.id/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.