Jumlah Dokter di Empat Puskesmas Pulau Sumenep Belum Ideal

Avatar of PortalMadura.com
Jumlah Dokter di Empat Puskesmas Pulau Sumenep Belum Ideal
dok. dr Fatoni

PortalMadura.Com, – Jumlah dokter di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tercatat masih minim. Buktinya, di empat Puskesmas wilayah kepulauan masing-masing memiliki satu dokter, padahal idealnya minimal dua dokter di setiap Puskesmas.

“Untuk di kepulauan ada empat puskesmas yang hanya ada satu dokter yakni di Puskesmas Kangayan, Raas, Nonggunong dan Gili Genting,” kata , dr Fatoni, Kamis (13/4/2017).

Ia menyampaikan, sedangkan tiga Puskemas lainnya di wilayah kepulauan sudah punya dua dokter, seperti di Arjasa, Masalembu, dan Puskesmas Gayam.

“Kalau untuk di wilayah daratan sudah memiliki dua dokter semua, tapi kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk memang masih kurang,” ucapnya.

Dari 52 dokter yang tersebar di 30 Puskesmas, hanya 10 dokter yang bertugas di wilayah pulau. Sedangkan 42 dokter lainnya berada di wilayah daratan.

“Sesuai standar pelayanan, satu dokter minimal menangani 10 ribu masyarakat, tapi sekarang kan satu dokter bisa menangani sampai 20 ribu masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, tahun depan pihaknya akan mengajukan penambahan dokter, minimal 10 dokter agar semua Puskesmas Kepualauan bisa terdapat dua dokter.

“Kami berharap ada penambahan dari Pemerintah pusat,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.