Kaldu Jadi Menu Utama Lebaran Sebagian Warga Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Kaldu Jadi Menu Utama Lebaran Sebagian Warga Sumenep
Kaldu

PortalMadura.Com, – Kaldu menjadi menu utama sebagian warga Desa Gadding, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dalam momentum lebaran 1437 H/2016 M.

Makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau dan daging sapi serta rempah-rempah itu tersedia dimayoritas rumah warga untuk disuguhkan pada tamu. Suguhan kaldu itu sangat disukai para tamu jika ditambah kurkit yang terbuat dari ketela pohon atau singkong.

“Kalau menyediakan nasi tidak dimakan oleh para tamu. Tapi kalau kaldu seperti ini pasti dimakan,” ungkap Rosyidah, warga Desa Gadding, Rabu (6/7/2016).

Di Madura, utamanya Kabupaten Sumenep, momentum lebaran menjadi ajang silaturrahim antar saudara dan para tetangga. Disaat warga datang ke rumah warga yang lain, dipastikan disuguhi makanan dan kue lebaran.

“Kalau lebaran di sini masing-masing warga menyediakan makanan dan kue dan harus mencicipi meski sedikit,” jelasnya.

Selain kaldu, lanjutnya, biasanya warga menyediakan menu makanan seperti nasi gule dan sate, namun mayoritas warga enggan mencicipi makanan yang memiliki bahan dasar daging sapi atau kambing pada momen-momen lebaran.

“Kalau daging dibuat kaldu malah warga suka. Makanya banyak warga yang menyediakan kaldu itu,” tegasnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.