Kapal Madura Pernah Singgah, Tercatat di Museum Maritim Australia Barat

Avatar of PortalMadura.Com
Kapal Madura Pernah Singgah, Tercatat di Museum Maritim Australia Barat
Museum Maritim Australia Barat

PortalMadura.Com, Australia – Pada tahun 1948 tercatat ada kapal dari Madura bersandar di Pelabuhan Fremantle, .

“Di depan itu ada papan nama sejarah yang mencatat siapa saja kapal yang pernah singgah di pelabuhan Fremantle,” terang Rektor Unija Sumenep, Alwiyah, di Australia, Selasa (8/9/2015).

Museum Maritim Australia Barat adalah bagian dari Museum Australia Barat di Perth, terletak di Fremantle, sebuah kota pelabuhan 30 menit berkendara di barat daya.

Kompleks maritim di pesisir Samudra Hindia ini, merayakan sejarah penjelajahan laut Australia yang mengesankan. Ada galeri yang dipenuhi artefak, dari kapal karam dan perahu santai hingga yacht balap.

Museum tersebut juga berada di tempat pendaratan ribuan imigran Inggris di Down Under, dan akan mendengar kisah tentang “Pom 10 pon” Australia.

Ada replika perahu dan peralatan untuk memahami suku-suku yang pernah mengarungi perairan tersebut selama ribuan tahun.

Ada pula perangkap ikan yang digunakan penduduk asli Australia, Aborigin dan komunitas penangkap ikan Eropa Selatan di Fremantle di pajangan Hooked on Fishing.

Semakin lengkap bila ke galeri Naval Defence, ada ranjau laut, torpedo, dan artefak lain dari konflik Maritim Australia. Di luar, kelilingi HMAS Ovens, sebuah kapal selam kelas Oberon.

Rektor cantik ini bersama Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) berkunjung ke negara Australia dalam rangka melakukan kerjasama dengan berbagai universitas.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.