Karapan Kerbau Kangean Sumenep Untuk Tolak Balak

Avatar of PortalMadura.Com
Karapan Kerbau Kangean Sumenep Untuk Tolak Balak
screenshot youtube

PortalMadura.Com, – Tradisi yang hanya ada di Pulau , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mempunyai makna tersendiri bagi masyarakat disana.

Tempo dulu, konon banyak hewan ternak mati dan pertanian gagal akibat roh jahat yang bergentayangan. Dilansir lontarmadura.com, atas dasar itu, sesepuh desa menyarankan agar menggelar karapan kerbau.

Tujuannya, untuk mengusir roh jahat yang bergentayangan tersebut. Karapan kerbau dimaksud, seperti yang dilakukan masyarakat saat ini. Karapan biasanya digelar usai panen atau menjelang panen hasil pertanian.

Usir Roh Jahat

Memukul kerbau yang sedang berlari, semata-mata diniatkan untuk mengusir roh jahat yang bergentayangan yang disimbolkan menyusup atau menyerupai binatang.

Didalam kerbau disimbolkan terdapat sejumlah penyakit dan marabahaya yang bisa mengganggu keselamatan dan ketentraman warga, termasuk hasil pertanian.

Tradisi karapan kerbau ini terus dijaga kelestariannya oleh masyarakat Kangean, Sumenep. Tempat yang digunakan tidak hanya lapangan kering, di lahan berlumpur (lahan pertanian) pun tetap dilaksanakan. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.