Kaum Laki-Laki Wajib Tahu, Ini 3 Kriteria Wanita Baik Hati dan Membahagiakan Menurut Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
Kaum Laki-Laki Wajib Tahu, Ini 3 Kriteria Wanita Baik Hati dan Membahagiakan Menurut Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendapatkan seorang yang baik hati dan membahagiakan suami merupakan impian setiap laki-laki ketika melangsungkan suatu pernikahan. Wanita yang baik hati serta membahagiakan akan menentramkan hati laki-laki dan membuatnya tenang ketika berusaha mencari nafkah untuk keluarga.

Lalu bagaimana kriteria seorang wanita yang baik hati dan selalu memberikan kebahagiaan kepada suaminya?. Ada beberapa kriteria seorang wanita yang perlu diketahui oleh muslimah untuk memperbaiki dirinya sehingga layak disebut sebagai wanita baik hati.

“Diantara tanda wanita yang baik hati dan membahagiakan adalah mudah khitbahnya, mudah maharnya, dan mudah rahimnya” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).

Berikut tiga kriteria wanita baik hati dan selalu membahagiakan:

Mudah Khitbahnya
Ada kalanya wanita sangat sulit dikhitbah. Meskipun sudah datang lelaki saleh dan hatinya condong kepadanya, ia menyulitkan laki-laki tersebut untuk mengkhitbahnya karena mensyaratkan begini dan begitu. Mensyaratkan membawa ini dan membawa itu.

Umumnya, wanita yang menyulitkan khitbah ini karena keluarganya memiliki persyaratan yang rumit terkait khitbah dan nikah. Memilih hari berdasarkan perhitungan hari baik atau hari nahas (buruk) termasuk bagian dari menyulitkan khitbah. Mensyaratkan materi mahal dan tata cara rumit juga termasuk bagian dari menyulitkan khitbah.

Bilal bin Rabah ra, memiliki cara bagaimana mengetahui wanita yang mudah dikhitbah. Ia cukup mengatakan, ”Aku Bilal bin Rabah. Seorang sahabat Rasulullah. Dulu aku orang yang sesat, tetapi Allah telah menuntunku. Dahulu aku seorang budak dari Habasyah, tetapi Allah telah membebaskanku. Kedatanganku ke sini ingin melamar… Jika lamaranku diterima aku akan katakan Alhamdulillah, tetapi jika lamaranku ditolak, aku akan mengatakan Allahu Akbar”.

Mudah Maharnya
Kriteria kedua adalah mudah maharnya. Meskipun Islam memuliakan wanita dengan menyerahkan mahar kepadanya serta tidak membatasi jumlah maharnya, banyak contoh dari generasi pertama umat ini betapa mereka memudahkan mahar.

Ada diantara mereka yang maharnya baju besi, ada pernikahan dengan mahar sepasang sandal, cincin besi, ada pula yang maharnya membaca Al Qur'an.

Mudahnya mahar ini juga mengundang keberkahan tersendiri. Sebagaiamana disebutkan pada hadis lain yang dicantumkan Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunah bahwa pernikahan yang besar keberkahannya adalah yang paling murah maharnya.

Mudah Rahimnya
Mudah rahimnya maksudnya adalah wanita yang subur, mudah hamil dan melahirkan. Jika dua kriteria sebelumnya mudah dilihat dan membuat calon suami bahagia sejak awal, kriteria ketiga ini sulit dilihat dan pengaruhnya pada kebahagiaan setelah pernikahan berjalan sekian lama.

Walaupun kriteria ini tidak diketahui secara pasti mengenai kesuburunnya. Tetapi sebagai laki-laki tidak usah panik ataupun bingung, karena seorang wanita yang subur ataupun tidak bukan menjadi satu-satunya patokan untuk membahagiakan. Hanya saja lebih beruntung bagi laki-laki yang mendapatkan wanita yang subur dan bisa memberikan banyak anak.

Pada kriteria ketiga ini, ikhtiar yang bisa dilakukan seorang muslimah sebatas menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit yang berdampak pada kesuburan, mengonsumsi makanan yang mendukung kesuburan serta banyak berdoa. (keluargacinta.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.