Kecap, Si Hitam Manis Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Kecap, Si Hitam Manis Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak mengenal kecap? Ya, kecap merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering sekali digunakan sebagai bumbu dapur, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Tak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, namun kecap manis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kecap manis bagi kesehatan tubuh.

Melancarkan Pencernaan Tubuh
Sebagai salah satu bahan yang dibuat dari hasil pengolahan biji-bijian, maka sudah pasti kecap juga memiliki kandungan serat. Kandungan serat ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Dengan begitu, maka Anda dapat terhindar dari beragam masalah pencernaan, seperti sembelit, sulit buang air besar, dan perut yang terasa kembung ataupun mual.

Menurunkan Kolestrol
Bagi Anda yang sering merasa khawatir dengan kadar kolestrol. Terutama kolestrol jahat di dalam tubuh, maka cobalah untuk rajin menambahkan kecap ke dalam menu makanan sehari-hari Anda, karena ternyata, kecap mampu untuk membantu menjaga dan juga menurunkan kadar kolestrol Anda apabila terlalu tinggi.

Menambah Daya Tahan Tubuh
Kandungan peptide pada kedelai hitam bisa menambah sistem kekebalan pada tubuh untuk melawan beragam jenis penyakit.

Cegah Penyakit Jantung Koroner
Kandungan pada kecap yang bisa menghambat oksidasi kolesterol, yaitu awal pembentuk plak pembuluh darah yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

Mengurangi Kerusakan Ginjal
Kandungan protein yang ada pada kedelai mampu meringankan kinerja ginjal. (tandapagar.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.