Kekurangan Kios PKL Sumenep, Kuras APBD Rp 4 Miliar

Avatar of PortalMadura.Com
Kekurangan Kios PKL Sumenep, Kuras APBD Rp 4 Miliar
dok. Kepala Disperindag Sumenep, Saiful Bahri

PortalMadura.Com, – Penyediaan kios bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) eks Taman Bunga (TB) di Pasar Bangkal, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih belum mampu menampung semua PKL tersebut. Akibatnya, pemerintah daerah menganggarkan pembangunan kembali pada tahun 2017 Rp 4 miliar, sama dengan tahun 2016.

“Dana tersebut nanti akan dimanfaatkan untuk penambahan kios konfeksi, panggung hiburan, area permainan, dan taman meskipun tidak sebesar di Taman Bunga,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Saiful Bahri, Kamis (19/1/2017).

Menurutnya, dana sebesar Rp 4 miliar itu diperkirakan sudah bisa dimanfaatkan pada Januari 2017. Namun, untuk lelang fisik baru bisa dilakukan pada bulan Maret 2017.

“Lokasinya sama dengan yang sudah dibangun itu yakni di bekas pedagang sepeda pancal dan terminal Bangkal,” ucapnya.

Upaya penambahan kios tersebut dimaksudkan agar semua PKL bisa memiliki tempat permanen sehingga bisa melakukan aktifitas ekonomi secara maksimal.

“Kalau ada kekhawatiran akan terjadi sepi pembeli, pemerintah daerah berupaya dengan membuat panggung hiburan. Nanti sewaktu-waktu akan ada pertunjukan untuk mengundang para pengunjung,” imbuhnya.

Hingga saat ini jumlah sementara PKL eks Taman Bunga sebanyak 314. Namun masih butuh verifikasi sehingga jumlah tersebut masih bisa berubah, baik berkurang maupun bertambah.

Jumlah PKL tersebut sangat banyak dan dimungkinkan tidak tertampung secara keseluruhan di kios yang sudah dibangun. Namun, pemerintah daerah juga berjanji akan membuatkan tenda sementara untuk menampung PKL tersebut. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.