PortalMadura.com

Kemenpar Gulirkan Gerakan Aksi Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 20:14
Kemenpar Gulirkan Gerakan Aksi Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona
Geraksan Aksi Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona
Loading...

PortalMadura.Com, Pesawaran – Kementerian Pariwisata RI menggulirkan program Gerakan Aksi Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Bumi Andan Jejama Pesawaran Lampung.

Kegiatan yang dilaksanakan di Darmaga Ketapang, Selasa (18/7/2017) itu, diikuti oleh masyarakat setempat. Tidak kurang dari 300 orang peserta turut hadir dalam acara yang dipimpin langsung oleh Eriawan,SH selaku Wakil Bupati Pesawaran dan Ir. Dwita Ria Gunadi selaku anggota Komisi X DPR RI.

Selain itu, hadir mewakili Kementerian Pariwisata Kepala Subid Internalisasi dan Pengembangan Sadar Wisata, Arum Damarintyas, dan beberapa SKDP Pesawaran juga turut hadir.

Kepala Subid Internalisasi dan Pengembangan Sadar Wisata, Kementrian Pariwisata RI, Arum Damarintyas, menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah yang menargetkan kunjungan 20 juta Wisatawan Mancanegara (Wisman) dan 275 juta Wisatawan Nusantara (wisnus) di tahun 2019.

Untuk merealisasikan target tersebut, masyarakat khususnya para pelaku wisata harus disiapkan menjadi tuan rumah yang baik. Dimulai dari hal-hal kecil, seperti membuang sampah ditempatnya, menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan.

“Kemudian bersikap ramah, murah senyum dan lainnya. Dengan gerakan ini, kita harapkan para pelaku wisata mulai sadar akan pesona wisata. Mereka harus menjadikan sapta pesona sebagai budaya,” katanya.

Dwita Ria mengaku, sangat mendukung upaya dijadikannya Pesawaran sebagai Kabupaten Pariwisata oleh Pemerintah Daerah Pesawaran. “Saya hadir di sini sebagai mitra kementerian pariwisata, untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap program, sekaligus mendukung penuh kemajuan pariwisata di Provinsi Lampung,” ujar Dwita Ria.

Menurut Dwita Ria, Kabupaten Pesawaran memiliki potensi alam yang sangat besar, “Potensi dan rencana pembangunan fisik sudah sesuai. Namun peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menjaga alam merupakan suatu keniscayaan yang amat penting. Kesadaran masyarakat tentang Sapta Pesona akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pesawaran ini,” ujar Dwita Ria.

Dwita Ria Optimis bahwa kabupaten baru tersebut mampu menyaingi destinasi wisata di lokasi lain seperti pulau Jawa dan Bali. “Saya yakin, di bawah kepemimpinan Dendi Romadhona selaku Bupati Pesawaran. Kabupaten ini akan jauh lebih berkembang lebih baik. Beliau sosok muda yang memiliki visi membangun,” kata Dwita Ria. (Gita Leviana Putri/Hartono)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional