Kenali 3 Penyebab Motor Anda Terasa Oleng

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 3 Penyebab Motor Anda Terasa Oleng
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap pemilik kendaraan bermotor tentu menghendaki kenyamanan saat mengendarai. Namun seiring dengan penggunaanya, terkadang performa motor tidak stabil atau oleng. Hal ini tentu dapat berakibat fatal bagi pengendara.

Permasalahan motor oleng ini pasti ada penyebabnya, bisa karena sering berkendara di jalan yang rusak atau bergelombang. Beban kejutan yang berulang juga dapat menjadi pemicu motor tersebut oleng, hal itu membuat berbagai macam komponen menjadi bermasalah.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan jika performa motor Anda tidak stabil atau oleng. Terutama di bagian pelek, laher roda, dan ban. Yuk, disimak penjelasannya berikut ini:

Pelek
Pelek yang bermasalah atau tidak presisi akan menyebabkan . Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

Cara untuk memastikan pelek dalam kondisi baik, standar ganda sepeda motor Anda, kemudian putar roda ke depan dan ke belakang. Pelek yang tidak presisi akan terlihat seperti bergelombang. Jika sudah begini, Anda harus menyetel pelek.

Laher Roda
Komponen ini juga sering membuat masalah sehingga motor oleng. Jika ban motor tidak kempis dan baut roda sudah kencang tetapi motor masih goyang, dapat dipastikan laher roda sudah aus.

Untuk memastikannya, standar ganda, kemudian gerakan ban ke depan dan ke belakang. Laher rusak akan terasa oblak dan goyang serta mengeluarkan bunyi saat digerakkan.

Ban
Ban yang tidak presisi juga bisa membuat laju motor jadi oleng. Perhatikan apakah ada kerusakan, seperti robek atau bolong. Selain itu, perhatikan rotasi ban. Ban akan cepat aus jika terbalik dan menjadi kurang nyaman saat dikendarai. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.