Kenali 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Anda Raih Kesuksesan

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Anda Raih Kesuksesan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebenarnya, untuk meraih tidak hanya ditentukan oleh diri sendiri. Namun, ternyata ada faktor eksternal yang juga berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, salah satunya teman kerja.

Perlu Anda pahami, bukan untuk pilih-pilih teman, tapi memang teman kerja harus diseleksi agar Anda bisa cepat sukses. Ibaratnya Anda mesin motor, para kolega itu adalah oli. Jika olinya berkualitas buruk, mesin tidak akan mencapai kemampuan maksimal.

Nah, berikut enam tipe teman kerja yang sebaiknya dipilih agar Anda bisa cepat sukses:

Si Bijak
Kedewasaan memang lekat dengan kebijaksanaan. Tapi tidak semua orang yang sudah dewasa itu bijak. Coba lihat siapa saja teman kerja Anda yang mengantongi sifat bijak. Ciri-cirinya, bisa memberikan nasihat yang berguna dan menyenangkan bila diajak diskusi. Ucapannya bisa dijadikan pegangan atau masukan untuk membuat keputusan.

Selain itu, dia tidak mudah marah. Dekat dengan orang bijak bisa membuat Anda ketularan bijak. Hal ini berguna terutama saat hendak mengambil keputusan.

Si Penyemangat
Tempatkan diri dalam aura positif agar selalu optimistis. Caranya, dekati teman kerja yang bersifat si penyemangat. Ciri-cirinya, mereka selalu ceria dan blak-blakan. Seperti tidak ada kesedihan yang menimpanya.

Ketika Anda jatuh, mereka siap memberikan dukungan. Energi positif ini akan membuat Anda berlaku positif pula dalam kerja.

Si Tukang Kritik
Kritik sangat diperlukan demi kemajuan. Tanpa kritik, Anda tidak akan pernah tahu apa kelemahan Anda yang perlu diperbaiki. Tapi tentunya kritik ini yang bersifat membangun, bukan yang tanpa dasar.

Ciri-ciri teman tukang kritik sudah jelas, selalu nyinyir bila ada yang salah. Namun Anda jangan sampai terlalu ambil hati menghadapi mereka.

Si Kreatif
Kreativitas adalah salah satu kunci kesuksesan. Lihat saja bisnis-bisnis yang maju, pasti ada kreativitas di dalamnya. Makanya, pilih teman kerja yang kreatif agar Anda bisa belajar darinya.

Misalnya, yang pandai mengelola waktu dan kerap memunculkan ide-ide dalam rapat. Banyak-banyaklah berdiskusi biar mendapat inspirasi kerja.

Si Kompetitif
Persaingan diperlukan agar Anda bisa berkembang. Jadi, cari teman kerja yang kompetitif agar Anda lebih terpacu untuk meningkatkan kapasitas diri.

Mungkin akan terjadi sedikit perselisihan atau percik-percik konflik. Tapi itu wajar dalam persaingan, terlebih di dunia kerja. Terpenting, usahakan konflik itu tidak membawa keburukan, seperti perpecahan dalam tim kerja. Sebaliknya, konflik mesti diolah agar tercapai kemajuan bersama dalam kerja.

Si Sobat
Setiap orang memerlukan sobat alias teman kerja yang dekat dibanding yang lain. Bukan bermaksud membeda-bedakan atau mengambil jarak dengan yang lain, namun kolega yang menjadi sobat ini diperlukan sebagai teman diskusi, curhat, bersaing, dan sebagainya.

Ibaratnya seperti sahabat di sekolah. Bisa bekerja sama mengerjakan tugas saat weekdays dan hangout bersama ke mall ketika akhir pekan. Suasana kekeluargaan ini akan membuat Anda nyaman bekerja.

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menggapai kesuksesan. Namun, peran teman kerja selalu diperlukan entah bagaimana caranya untuk membantu Anda mengejar impian. Semoga Andaa orang yang sukses. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.