PortalMadura.com

Kenali Tanda-tanda Keterlambatan Bicara Pada Si Kecil Sejak Dini

  • Kamis, 29 September 2016 | 07:00
Kenali Tanda-tanda Keterlambatan Bicara Pada Si Kecil Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bunda, jangan keburu panik yach bila anak tidak berbicara banyak seperti teman-teman sebaya atau kosakatanya terlihat minim, belum tentu ia didiagnosa terlambat bicara. Ingin tahu lebih jauh? Yuk kenali tanda-tanda anak terlambat bicara di sini.

Kesulitan membuat kalimat
Si kecil dengan usia 2-3 tahun umumnya sudah bisa menggunakan dua kalimat sederhana, bisa bertanya, serta mampu mengikuti bagian lirik lagu sederhana. Mereka juga umumnya sudah bisa menyebutkan setidaknya tiga bagian tubuh. Jika di usia tiga tahun atau lebih si kecil masih belum mempunyai kemampuan diatas, ada baiknya bunda sedikit waspada.

Keterbatasan kosakata
Normalnya si kecil dengan usia 3 tahun rata-rata menguasai 500 jenis kosakata. Mereka yang jumlah penguasaan kosakatanya jauh dibawah angka tersebut berpeluang besar mengalami keterlambatan bicara. Untuk mengetahui jumlah kosakata yang sudah dikuasai si buah hati, bunda dapat meluangkan waktu untuk menghitungnya.

Kesulitan mengucap huruf tertentu
Bagian utama dari perkembangan kemampuan bicara adalah belajar menggerakan mulut dan lidah untuk memproduksi suara huruf. Si kecil yang mengalami keterlambatan bicara biasanya akan sedikit kesulitan mengucap beberapa huruf tertentu. Kesulitan dalam mengucap huruf tertentu dapat mengakibatkan si kecil salah dalam mengucap kata.

Sulit untuk difahami
Terkadang si kecil menyampaikan maksud dan keinginanya menggunakan kata yang kurang jelas namun karena sering berinteraksi ayah bunda masih dapat memahaminya. Untuk mendeteksi gejala keterlambatan bicara, terkadang harus meminta bantuan orang diluar keluarga untuk mengeceknya, apakah mereka memahami saat si kecil bicara.

Lebih banyak menggunakan bahasa tubuh
Anak usia balita yang mengalami keterlambatan bicara biasanya lebih banyak menggunakan bahasa isyarat daripada bicara langsung. Misanya saat dia menginginkan satu barang dia hanya menunjuk-nunjuk barang tersebut tanpa disertai bicara, atau banyak menggunakan bahasa isyarat dengan disertai ucapan yang tidak jelas. (balitapedia.com/choir)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional