Kenali Tanda-tanda Orang Ingin Bunuh Diri

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali Tanda-tanda Orang Ingin Bunuh Diri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bunuh diri merupakan cara yang dilakukan seseorang untuk mengakhiri hidupnya. Mereka yang memutuskan untuk bunuh diri, melakukannya dengan cara menggantung diri, minum obat-obatan melebihi dosis, menenggak cairan beracun, atau menggunakan senjata.

Biasanya hal tersebut dilakukan secara diam-diam sehingga sulit untuk dicegah. Oleh karena itu, penting untuk mengenali pemicu dan tanda-tanda seseorang yang ingin bunuh diri.

Berikut ini beberapa tanda-tanda orang yang ingin bunuh diri.

1. Ancaman bunuh diri

Beberapa kasus, seseorang akan memberi tahu orang lain secara langsung tentang pikirannya untuk bunuh diri. Atau berusaha melakukan pendekatan yang tidak langsung, seperti mengatakan bahwa dunia akan lebih baik tanpa kehadirannya di dunia atau kalau dia mati.

2. Menjauhkan diri dari pergaulan

Orang yang ingin bunuh diri kemungkinan tidak suka bergaul dengan orang lain atau ingin dibiarkan sendiri. Adanya masalah di tempat kerja atau di sekolah juga merupakan tanda lain menarik diri dari pergaulan.

3. Emosi yang labil

Tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami naik turunnya suasana hati. Namun, perubahan suasana hati yang drastis, bisa merupakan tanda orang yang ingin bunuh diri, misalnya suatu hari ia memperlihatkan emosi yang menggebu dan di hari ini ia tampak begitu tertekan, putus asa – bukanlah hal normal.

4. Depresi

Tanda peringatan orang yang ingin bunuh diri lainnya adalah depresi yang dalam. Kadang-kadang orang tersebut begitu depresi sehingga dia kesulitan berfungsi di masyarakat atau di tempat kerja.

5. Melakukan aktivitas berbahaya

Aktivitas yang sangat berbahaya misalnya berkendaraan dengan kecepatan tinggi, melakukan seks tidak aman atau pemakaian obat secara tidak terkendali, dapat merupakan tanda-tanda timbulnya keinginan untuk mati.

6. Krisis kepribadian

Mengalami langkah mundur dalam kehidupan, misalnya perceraian, kehilangan pekerjaan atau kematian orang yang dicintai yang sulit diatasi seseorang. Di antara orang yang mengalami depresi, krisis demikian dapat mendorong mereka ke jurang putus asa atau memicu upaya bunuh diri.

7. Perubahan kepribadian yang ekstrem

Tanda sebelum seseorang melakukan bunuh diri, kemungkinan akan terlihat adanya perubahan dalam kepribadian dan kebiasaan atau rutinitasnya, misalnya pola makan atau pola tidurnya. Sebagai contoh, orang yang biasanya pemalu tiba-tiba menjadi begitu menarik perhatian dalam sebuah pesta, atau orang yang tadinya sangat terbuka tiba-tiba menjadi penyendiri.

8. Memberi hadiah

Kadang-kadang sebelum melakukan upaya bunuh diri, orang yang mengalami depresi akan memberikan miliknya yang berharga kepada orang lain, karena yakin sudah tidak membutuhkannya lagi.

Jadi perhatikan dan waspadai orang-orang terdekat Anda bila menunjukkan tanda-tanda orang yang ingin bunug diri seperti di atas. (jendelacito.info/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.