Kenali Tanda-Tanda Si Gadis Akan Alami Menstruasi Pertama Kali

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali Tanda-Tanda Si Gadis Akan Alami Menstruasi Pertama Kali
ilustrasi (vemale.com)

PortalMadura.Com – Semua perempuan yang beranjak usia remaja pasti akan mengalami hal yang namanya haid atau menstruasi. Malu, kaget, dan takut bisa jadi hal yang kebanyakan dirasakan anak gadis ketika mendapati dirinya pertama kali mengalaminya.

Alasannya bermacam-macam, karena temannya belum ada yang haid bahkan takut terjadi sesuatu dengan organ vitalnya.

Biasanya menstruasi ini pertama kali dialami oleh seorang gadis berusia 10-15 tahun. Ada tanda-tandanya yang harus dikenali agar tidak terkejut bila pertama kali melihat darah yang mengalir dari Miss V Anda.

Meskipun tidak ada satu usia yang tepat saat seorang gadis mendapatkan menstruasi, ada beberapa tanda-tanda menstruasi segera dimulai.

Berikut tanda-tanda gadis yang akan mulai mengalami menstruasi:

Payudara Membesar
Sebelum mengalami menstruasi, seorang gadis biasanya akan mengalami perubahan fisik seperti halnya payudara tumbuh membesar dan tumbuh bulu rambut di sekitar Miss V. Kemudian, ia pun akan mendapat haid sekira dua tahun setelah payudaranya mulai berkembang.
Muncul Lendir
Pada saat yang sama biasanya di area Miss V tiba-tiba muncul cairan keputihan berupa lendir yang menempel di celana dalamnya. Debit ini biasanya dimulai sekitar enam bulan sampai satu tahun sebelum seorang gadis mendapat periode pertamanya.

Perubahan Hormon
Saat ia hendak mengalami menstruasi tentu akan mengalami perubahan hormonal. Tanda-tandanya mungkin seorang gadis pertama kalinya mengalami moody dan gangguan psikologis lainnya.

Timbul Rasa Sakit
Pada awal menstruasi mungkin si gadis juga akan merasakan rasa sakit di sekitar punggung dan perut bagian bawah. Ini terjadi karena mungkin ia jarang olahraga dan tidak memiliki pola makan benar.

PMS
Sebelum menstruasi datang, si gadis juga mungkin mengalami masa-masa premenstrual syndrome (PMS) dengan ditandai nyeri perut, sakit kepala, perasaan kembung, perubahan warna kulit dan rambut, mudah lelah hingga sering gelisah. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (2)

  1. Dok nama saya razhiela umur saya 15 tahun , berat badan saya 40kg , tinggi badan saya 155cm. Ttpi sampai saat ini saya belum mengalami menstruasi pertama , pdhal saya sudah mengalami keputihan sejak setahun yang lalu. Bagaimana ya dok?

  2. dok ,saya rizka umur 15 th,brat 37 kg,tinggi 155.
    saya mengalami rasa nyeri di perut bagian bawah sebelah kiri.hal ini juga menimbulkan saya susah untuk berdiri tegak dan merasa gelisah.saya mengalami keputihan sejak umur 13,namun jarang.tapi saya kenapa belum menstruasi? padahal saya sudah mengalami ciri² akan mens .ini ada masalah pada diri saya atau saya terkena gangguan infeksi saluran kemih,yang membuat pipis saya susah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.