IPTEK  

Kendaraan Penjelajah Akan Selidiki Mars

Avatar of PortalMadura.Com

Badan antariksa AS, NASA, baru-baru ini memberikan lampu hijau bagi pembuatan kendaraan pendarat Mars baru yang akan mengamati ke dalam interior planet merah tersebut.

Misi Mars baru ini disebut Penjelajahan Interior Menggunakan Investigasi Seismik, Geodesi dan Transport Panas, atau InSight. Pesawat misi ini dijadwalkan akan meluncur dari markas angkatan udara Vandenberg di California pada Maret 2016 dan tiba di Mars September.

Kepala penyelidik Bruce Banerdt, dari Laboratorium Propulsi Jet NASA, mengatkaan sebgian teknologi kendaraan yang akan digunakan untuk mempelajari interior Mars itu mirip dengan yang telah digunakan para ahli geologi untuk mempelajari Bumi.

Studi InSight tidak hanya memberikan pengamatan lebih segar pada penciptaan planet kita, tapi juga planet-planet lain seperti Bumi yang terletak di dalam dan di luar sistem tata surya kita.

“Kami benar-benar ingin memahami bagaimana planet-planet terestrial dibentuk sejak awal di sistem tata surya, dan bagaimana formasi itu mengarah pada kondisi-kondisi yang kita miliki di permukaan,” ujar Banerdt.

Tidak seperti kendaraan penjelajah Curiosity dan Opportunity yang bepergian di seluruh Mars, InSight akan dikirim ke lokasi dekat garis ekuator dan tetap statis untuk melakukan riset.

Banerdt mengatakan kendaraan Mars baru itu akan memetakan geografi di dalam planet itu.(voa/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.