Keren! Kini Facebook Miliki Alat Untuk Kenali Profil Asli atau Palsu

Avatar of PortalMadura.Com
Keren! Kini Facebook Miliki Alat Untuk Kenali Profil Asli atau Palsu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring meningkatnya popularitas beberapa tahun terakhir, jumlah orang yang membuat profil facebook palsu pun semakin meningkat.

Profil palsu ini biasanya dibuat dengan alasan intelejen (ingin memata-matai), mengumpulkan data-data dari Facebook seseorang dengan maksud untuk menjebol akun.

Bahkan, ada juga yang karena sekedar iseng untuk berbuat usil terhadap rekan-rekan terdekatnya, serta ada pula yang beralasan karena kurang pede (percaya diri) dengan penampilan sendiri sehingga pakai jalan pintas dengan memasang foto orang lain.

Anda tidak perlu khawatir hal tersebut menimpa diri Anda. Kini, Facebook membuat sebuah tool yang bisa mengenali profil palsu. Alat tersebut sudah mulai diuji sejak November tahun lalu dan sudah dipasang di 75 persen akun milik pengguna.

Facebook mengembangkan alat tersebut dengan tujuan memerangi aktivitas berbau pencemaran nama baik atau bullying di dalam platform jejaring sosial miliknya.

Cara kerja alatnya, tool itu pertama-tama akan memindai akun-akun palsu dan mencari tahu foto siapa yang digunakan untuk membuat akun tersebut.

Maka, pemilik akun asli akan mendapatkan notifikasi bahwa nama serta foto mereka telah dipalsukan dan dipakai membuat akun baru.

Selanjutnya, tinggal bubuhkan bendera pada akun palsu yang ditemukan. Khusus akun bertanda bendera ini, Facebook akan mengkajinya secara manual sebelum memutuskan langkah berikutnya.

Selain alat pemburu profil palsu tersebut, Facebook juga sedang menguji cara lain yang bisa mengantisipasi tindak bullying atau upaya pencemaran nama baik. Cara yang dimaksud ini, antara lain adalah memberi pilihan bagi pengguna untuk membubuhkan bendera pada foto yang dinilai menyinggung.

Media sosial buatan Mark Zuckerberg itu juga selalu mengingatkan pengguna untuk memeriksa pengaturan foto milik mereka. Misalnya soal siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat foto tersebut. (tribunnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.