PortalMadura.com

Kerja Nyata Untuk Bangsa, Kodim 0827 Sumenep Peringati Kesaktian Pancasila

  • Sabtu, 1 Oktober 2016 | 16:29
Kerja Nyata Untuk Bangsa, Kodim 0827 Sumenep Peringati Kesaktian Pancasila
Ist. Upacara Kesaktian Pancasila
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep  – Komando Distrik Meliter (Kodim) 0827 Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar upacara di lapangan Makodim setempat dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila.

Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letnan Kolonel Inf Budi Santosa. S. Sos sebagai inspektur upacara dan diikuti seluruh prajurit Kodim militer serta PNS dilingkungan Kodim, Sabtu (1/10/2016).

“Kegiatan ini kami lakukan secara rutin dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila pada setiap tanggal 1 Oktober. Dalam peringatan tahun ini kami mengambil tema ”  Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila,” ungkap Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol Inf Budi Santosa. S.sos.

Ia meminta kepada para peserta upacara, agar memaknai sebuah peringatan bangsa Indonesia t untuk tetap mewaspadai terhadap ancaman disintegrasi bangsa yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak yang tidak sepaham dengan ideologi Pancasila.

“Mari bersama-sama tetap mewaspadai paham yang mengancam terhadap keutuhan bangsa Indonesia dan keutuhan NKRI. Dengan Pancasila bangsa ini akan tetap utuh,” ucapnya.

Sebagai bangsa yang cinta kedamaian, lanjutnya, kirannya cukup sudah pengalaman tentang aksi pengkhianatan G 30 S/PKI tahun 65 terhadap NKRI, yang sudah banyak menelan banyak korban jiwa dan harta benda.

Said Abdullah

“Sebagai penerus bangsa, hendaknya kita bijak dalam menilai sejarah masa lalu tentang Pancasila, kedepan harus kita memaknai arti penting nilai-nilai Pancasila dengan prilaku dan sikap yang mencerminkan kecerdasan bangsa dalam menilai situasi dan kondisi yang akhir-akhir ini banyak menghadapi pasang surutnya dinamika sosial,” tegasnya.

Sebagai rangkaian pada peringatan hari kesaktian Pancasila, pihaknya mengajak masyarakat untuk mewaspadai bahaya laten komunis, karena saat ini paham itu masih ada dan berusaha tetap merongrong Pancasila.

“Untuk itu, jangan ada lagi komunis berkembang di Indonesia, saya ingatkan kepada seluruh Danramil dan para Babinsa agar bisa memberikan pemahaman yang jelas terhadap masyarakat tentang faham komunis agar tidak menimbulkan salah penafsiran dimasyarakat, lakukan terus pembinaan,” harapnya.

Sebagai unjung tombak, katanya,TNI dituntut menjadi garda terdepan khususnya dalam menciptakan iklim yang kondusif dimasyarakat, gali terus informasi yang berkembang, pererat hubungan komunikasi sosial dengan berbagai pihak guna mendukung tugas dilapangan.

“Bangun terus pembinaan terhadap para mitra karib dan jaring teritorial, sebagai sebuah potensi yang harus kita gali dan kita bina,” tukasnya. (arifin/har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional