PortalMadura.com

Keunikan Pantai Badur Sumenep, Satu Lokasi Tersaji Empat Wisata

  • Senin, 2 Januari 2017 | 11:17
Keunikan Pantai Badur Sumenep, Satu Lokasi Tersaji Empat Wisata
Wisata Pantai Badur Batuputih Sumenep
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Keberadaan Pantai Desa Badur, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai dilirik wisatawan lokal.

Awalnya, hanya dijadikan wisata alternatif oleh kaula muda mudi setelah berkunjung ke Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang yang dikenal dengan pohon cemara udangnya.

Lokasi Pantai Badur tersebut, bisa ditempuh dari Pantai Lombang ke arah barat atau kisaran 5 KM dengan jalan beraspal dan sedikit ada lubang (aspal ada yang rusak).

Di pantai utara kota ujung timur Madura ini, tidak hanya mempersembahkan keindahan pantai berpasir putih dan bersih serta dikelilingi pohon cemara udang.

Pantai Desa Badur

Melainkan terdapat sumber besar yang airnya mengalir deras ke laut. Air tawar inilah yang sering dijadikan tempat berenang para wisatawan lokal.

Pertemuan air tawar dengan air laut itu, juga menjadikan wisatawan betah berlama-lama menikmati Pantai Badur bersama angin pantai yang tidak bagitu kencang.

Air Tawar Pantai Badur mengalir deras ke laut

Air tawar dan pantai yang rindang dengan pohon cemara udang sudah tersaji. Para pengunjung juga dapat menikmati gua di bagian barat bibir pantai.

Konon, gua itu merupakan pertemuan para penyebar agama Islam dan tempat pejuang kemerdekaan pada zaman penjajahan Belanda.

Di dalam gua yang belum dibersihkan itu, terdapat tempat mirip ruang pertemuan. Misalnya, batu mirip kursi dan meja bundar.

Gua Pantai Badur

Gua itu, kini sering dijadikan tempat tafakkur untuk mendekatkan diri pada sang pencipta oleh sebagian warga sekitar.

Di depan gua atau sebelah utara belakang musalla yang baru dibangun oleh pihak desa, ada satu makam yang nisannya dari batu gunung.

Makam Pantai Badur

Makam tersebut diyakini salah satu tokoh agama penyebar Islam dari Persia. Tidak ada yang tahu pasti sejarah atau asal mula makam tersebut.

Namun, makam tersebut sering didatangi musafir yang mayoritas dari Banten, Jawa Barat. Para musafir dan sebagian warga sekitar yang suka meditasi di tempat itu, menyebutnya, Syekh Daud dari Persia (penyebar agama Islam).

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi pada saat berkunjung ke Pantai Badur, mengemukakan, bahwa pantai tersebut layak dikembangkan menjadi wisata andalan. “Jaga kebersihan pantai dan jangan sampai ada pengrusakan,” tegas Fauzi.

Baca: Wabup Sumenep, Pantai Badur Layak Dikembangkan Jadi Wisata Andalan

Satu lokasi tersaji empat keunikan

1. Pantai berpasir putih bersih dikelilingi pohon cemara udang

2. Pertemuan air tawar dan air laut mengalir deras

3. Gua di bibir pantai (bersejarah)

4. Makam tokoh agama penyebar Islam dari Persia (Religi-Butuh penelitian)

Fasilitas

1. MCK
2. Tempat kuliner
3. Musalla

(Hartono)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional