PortalMadura.com

Kewalahan Saat Bayi Anda Tak Mau Menyusu? Cobalah Tips Ini

  • Rabu, 11 Januari 2017 | 07:00
Kewalahan Saat Bayi Anda Tak Mau Menyusu? Cobalah Tips Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Masa menyusui adalah masa yang terkadang membuat sulit bagi seorang ibu, apalagi sebelumnya masih belum berpengalaman alias ibu muda. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam merawat si kecil.

Banyak kejadian yang terjadi, salah satunya misal si bayi tidak mau disusui. Pada kondisi ini Anda sebagai ibu sebaiknya memeriksa terlebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Apakah ia sedang sakit atau tidak nyaman, atau mungkin ada sebab yang lain.

Disaat bayi mulai rewel dan tidak mau disusui pasti antara ia dan ibu sama-sama merasa tidak nyaman. Nah, jika Anda ingin mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dicoba agar si kecil mau disusui lagi.

Teteskan Susu
Coba teteskan susu pada puting Anda atau pada mulut bayi untuk membuatnya mau disusui lagi. Tapi jika ia masih tidak mau, jangan diteruskan dan coba lagi nanti.

Ganti Posisi Menyusui
Cobalah Anda mengganti posisi saat menyusui. Kalau hidungnya sedang tersumbat, gendong dia dengan posisi agak tegak atau tidak dalam posisi tidur agar hidungnya bisa sedikit lega saat minum susu.

Pilihlah Tempat yang Tenang    
Pemilihan tempat juga menjadi salah satu faktor penting agar si bayi menjadi lebih nyaman. Pada saat Anda sudah menemukan tempat yang tenang dan tak ada gangguan, cobalah untuk menyusui si bayi. Siapa tahu ia terganggu dengan suasana sekitar yang berisik.

Gosok Gusinya
Disamping hal-hal di atas, coba Anda perhatikan kondisi giginya. Apakah tumbuh gigi atau tidak, kalau bayi sedang tumbuh gigi, sebaiknya sebelum minum susu gosok perlahan gusinya dengan kain yang dingin.

Jika tips-tips tersebut sudah dicoba dan si bayi tetap saja rewel maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mommy. (vemale.com/Putri)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional