Komisi II DPRD Sumenep Akan Jembatani AMG dan Pemkab

Avatar of PortalMadura.Com
Kembang Kempis, BUMD di Sumenep Tak Layak Dipelihara
dok. AF Hari Ponto

PortalMadura.Com, – Komisi II Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur siap menjembatani aliansi masyarakat garam (AMG) dengan Pemkab setempat termasuk pihak terkait untuk menyelesaikan persoalan dugaan diskriminasi dalam pemberian bantuan pemberdayaan bagi petani garam rakyat.

“Kami akan mencarikan solusinya. Setiap persoalan kan pasti ada jalan keluarnya,” ucap Ketua Komisi II DPRD Sumenep, AF Hari Ponto, Selasa (24/5/2016).

Pihaknya berjanji akan turun langsung kelapangan, apakah pengaduan dari AMG tersebut memang benar-benar terjadi. Sebab, sesama petani garam tidak boleh dibedakan dalam pemberdayaan petani garam.

“Kami akan turun dulu ke bawah, mencari fakta-fakta yang terjadi, apakah benar terjadi diskriminasi antara penggarap lahan PT Garam dan petani yang memang memiliki lahan sendiri,” paparnya.

Ia berjanji, akan mempertemukan AMG dan pihak terkait setelah mendapatkan data. “Kami pasti pertemukan petani dengan DKP maupun pihak lain,” tegasnya.

Sebelumnya, Aliansi Masyarakat Garam (AMG) Sumenep mendatangi Komisi II DPRD setempat. Mereka merasa terdiskriminasi, karena selama ini tidak pernah mendapatkan bantuan berupa pemberdayaan dari pemerintah setempat.

Sesuai Undang-undang no 7 tahun 2016, tentang perlindungan dan pemberdayaan budi daya ikan dan tambak garam, semua petani garam posisinya sama yakni mendapatkan hak yang sama dalam pemberdayaan. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.