Koperasi Diharapkan Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Koperasi Diharapkan Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Sumenep
Bupati Sumenep Menyerahkan Bantuan dari Koperasi

PortalMadura.Com, – Koperasi di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus bertambah. Buktinya, pada tahun 2014 sebanyak 1.235 unit koperasi, sedangkan pada tahun 2017 telah mencapai 1.560 koperasi.

“Semoga meningkatnya jumlah koperasi itu juga dibarengi oleh meningkatnya kualitas sumber daya manusia di koperasi itu sendiri sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati Sumenep, A dalam sambutannya saat upacara Hari Koperasi di halaman Kantor Bupati jalan Dr Cipto, Selasa (25/7/2017).

Bupati menegaskan, Dinas Koperasi dan UKM setempat harus terus melakukan penguatan kelembagaan koperasi, serta mendorong agar koperasi berupaya meningkatkan jumlah anggotanya.

“Jumlah itu penting, tapi lebih penting lagi kualitas secara manajerial koperasi itu. Sebab, kalau koperasi dapat dikelola dengan baik, pasti akan bermanfaat bagi anggotanya,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kualitas koperasi, lanjutnya, pemerintah daerah sejak tahun 2015 telah melakukan pengawasan dan merevitalisasi koperasi yang ada. Hasilnya, sekitar 300 koperasi ditemukan tidak aktif dan 25 koperasi dalam proses pembubaran karena pengurusnya tidak lagi mau membenahi koperasi yang dikelola tersebut.

“Ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap koperasi. Kami menginginkan koperasi itu mampu menjadi penggerak kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Di Sumenep ini sudah banyak koperasi yang mampu menjadi juara di tingkat Provinsi, salah satunya Koperasi Setia Pragaan sebagai Juara Pertama Koperasi Berprestasi, Kelompok Koperasi Konsumen Tingkat Provinsi Jawa Timur dan Koperasi Siswa SMA Negeri 1 Sumenep Sebagai Juara Harapan, Berpacu Dalam Koperasi Tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Semoga ke depan koperasi ini tetap hadir di masyarakat sebagai salah satu unit yang bisa membuka dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu mengurangi angka pengangguran di Sumenep,” harapnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.