Koramil Saronggi Tanam Wawasan Kebangsaan Pada Siswa

Avatar of PortalMadura.Com
Koramil Saronggi Tanam Wawasan Kebangsaan Pada Siswa
Penyuluhan

PortalMadura.Com, – Koramil 06 Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memberikan penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan materi Bela Negara kepada siswa siswi yang terpilih sebagai Paskibra Kecamatan Saronggi, Kamis (11/8/2016).

Pemberian wawasan kebangsaan dan pelatihan paskibra itu dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0827/06 Sertu M. Jufri dan Babinkamtibmas Aiptu Urip Santoso di lapangan Sepak Bola Desa Saronggi.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian TNI dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada para generasi muda terhadap NKRI sekaligus mempersiapkan pelaksanaan upacara HUT RI ke 71,” ungkap Dandim 0827 Sumenep Letkol  Inf Budi Santosa. S.sos melalui Danramil 0827 /06 Saronggi Kapten Inf Sarkun.

Menurut Danramil Saronggi, kedisiplinan dan kesadaran berbangsa merupakan hal yang menjadi perekat batin seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan konsep kebangsaan itu sendiri menjadi konsep yang mendasar bagi bangsa Indonesia.

“Konsep kebangsaan itu telah dijadikan dasar dan ideologi Negara yang terumus dalam Pancasila sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,” tegasnya.

Ia menilai, wawasan kebangsaan sangat penting ditularkan kepada para siswa bukan hanya saat mau memeringati hari kemerdekaan saja, juga setiap saat generasi muda agar senantiasa tertanam jiwa cinta tanah air.

“Sehingga mereka mengerti dan memahami apa itu persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong, pentingnya bela Negara, pentingnya semangat Nasionalisme, dan saling tolong-menolong,” ucapnya.

Dia berharap para generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif. Karena saat ini pergaulan sangat bebas dan jika tidak pandai menfilter, para generasi muda akan terjerumus.

“Makanya, mulai sejak dini sudah ditanam wawasan kebangsaan kepada para generasi muda,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.