KP Anjurkan Daerah Pesisir Budidaya Udang Vanami

Avatar of PortalMadura.Com
KP Anjurkan Daerah Pesisir Budidaya Udang Vanami
Ilustrasi

Portalmadura.Com, – Terobosan baru yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Yakni, dengan menggunakan terpal.

“Budidaya udang vanami, tidak harus mempunyai tambak. Tapi cukup dengan lahan yang kecil, kemudian diberi alas terpal plastik ukuran besar,” terang Kabid Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan, Nur Laila, Jum'at (22/08/2014).

Budidaya udang vanami dengan menggunakan terpal, sambung Laila, telah berhasil dilakukan oleh kelompok tani tambak di desa Pasanggrahan dan Bata Barat Kecamatan Kwanyar Bangkalan. Bahkan mereka sudah beberapa kali panen dan menikmati hasilnya. “Di desa tersebut sudah terbentuk kelompok tani, dengan memiliki 6 kolam,” jelasnya.

Menurut Laila, selain tahan penyakit, udang vanami pertumbuhannya sangat cepat. Sebab masa panennya hanya membutuhkan waktu 100-101 hari. “Namun untuk budidaya udang vanami, harus menggunakan air payau, (perpaduan air tawar dan asin, red),” katanya.

Kedepan, kata Laila, pihaknya akan melakukan ketok tular ke petani tambak di kecamatan lainnya. Seperti kecamatan Kamal, Bangkalan, Socah, Arosbaya, Klampis, Sepuluh dan Kecamatan Tanjung bumi.

“Jadi, daerah yang letaknya di pesisir pantai  sangat strategis untuk budidaya udang vanami tersebut,” pungkasnya.(dit/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.