PortalMadura.com

Ladies, Ini 6 Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Kecantikan

  • Jumat, 7 Oktober 2016 | 11:00
Ladies, Ini 6 Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang, tidur larut malam, atau biasa disebut dengan begadang merupakan suatu kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Baik itu karena ada tugas, atau aktivitas tertentu yang membuatnya harus begadang, atau memang kemauannya sendiri. Padahal, kurang tidur bukan cuma membahayakan kesehatan, tetapi juga mempengaruhi penampilan.

Oleh karena itu, sebiasa mungkin, biasakan untuk tidur selama 7-8 jam per hari sehingga bisa menggerus berbagai efek bahaya dari kurang tidur. Karena, tubuh akan melepaskan hormon kortisol ketika Anda tidak cukup tidur. Hormon tersebut bertanggung jawab untuk memicu stres, memicu peradangan tubuh, dan merusak kulit. Jadi, tidak bisa dianggap salah apabila kurang tidur merupakan penyebab banyak masalah kulit.

Berikut enam efek buruk kurang tidur bagi kecantikan Anda

Timbulnya Jerawat
Kurang tidur meningkatkan inflamasi yang memicu jerawat, kulit sensitif, alergi, dan iritasi lainnya. Jadi, jaga kondisi kulit dengan memenuhi kebutuhan tidur setiap hari.

Keriput
Adanya inflamasi akibat kurang tidur juga mengurangi produksi kolagen. Kolagen ini adalah molekul yang memberi efek berkilau, lembap, dan kenyal pada kulit. Jika kebutuhan tidur tidak dipenuhi, kulit pun akan tampak kusam dan keriput.

Penyakit kulit
Dampak negatif lainnya dari kurang tidur adalah menurunnya sistem imun. Sehingga kulit lebih berisiko terkena penyakit seperti psoriasis dan eczema.

Kantung mata
Selama tidur, tubuh berusaha menyeimbangkan hidrasi sehingga kulit mampu kembali lembap. Namun jika Anda kurang tidur, proses tersebut terhambat dan membuat kadar air di daerah mata gagal diseimbangkan. Terbentuklah kantung mata yang membuat wajah tidak tampak cantik.

Penuaan Dini
Tidur adalah waktu penting bagi tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang telah rusak. Jadi kebutuhan tidur yang tidak terpenuhi mengganggu jalannya regenerasi dan mempercepat penuaan.

Gemuk
Dengan tidur, tubuh merasa tidak terlalu lapar. Sebaliknya, kurang tidur mempengaruhi kinerja hormon sehingga nafsu makan akan meningkat drastis. Anda pun berisiko tinggi mendapati tubuh yang gemuk jika kerap mengabaikan kebutuhan tidur. (merdeka.com/Salimah)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional