Ladies Waspada! Ini 5 Dampak Negatif Rokok Bagi Kecantikan Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Ladies Waspada! Ini 5 Dampak Negatif Rokok Bagi Kecantikan Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Umumnya merokok dilakukan seorang pria, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan seorang wanita. Kebiasaan merokok ini biasanya sulit untuk dihentikan, padahal semua orang sudah tahu apa saja bahaya .

Salah satunya bagi wanita yang punya kebiasaan merokok berisiko kanker paru-paru dan juga gangguan janin. Selain dua bahaya tersebut, rokok ternyata bisa memberi efek buruk dalam urusan penampilan.

Nah, bagi Anda yang masih memiliki kebiasaan merokok tidak ada salahnya untuk mencoba mengurangi atau bahkan menghentikannya untuk menghindari 5 hal berikut ini:

Mata Tampak Lelah
Kebiasaan merokok menjelang tidur ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur Anda. Menurut sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan University of Florida, para perokok rentan mengalami gangguan tidur karena efek nikotin yang bisa menggangu siklus tidur dan bangun secara alami.

Bahkan tidak sedikit perokok yang juga menderita insomnia. Tentu saja efek kurang tidur ini akan membawa pengaruh pada penampilan, khususnya area mata yang akan terlihat lelah serta menampilkan ‘mata panda' atau kantung mata.

Gigi Kuning dan Gusi Menghitam
Tidak hanya merusak waktu tidur yang berkualitas, nikotin juga disebut jadi pemicu utama yang membuat tampilan gigi terlihat kuning dan tidak sehat. Bahkan untuk penggunaan jangka panjang, nikotin mampu membuat warna gigi semakin kuning hingga kecoklatan.

Selain itu nikotin juga menyebabkan penyakit gusi dengan cara melemahkan jaringan lunak dan tulang gigi Anda, hal ini menyebabkan gigi mudah patah. Gusi pun bisa menghitam atau semakin gelap warnanya jika terlalu sering merokok.

Keriput
Umumnya para perokok akan memperlihatkan garis-garis halus di bagian mulut karena kebiasaan menghisap. Tapi efek buruknya tidak berhenti di situ saja. Kandungan nikotin yang dihirup akan melemahkan vitalitas kulit hingga mudah memunculkan tanda-tanda penuaan seperti keriput di berbagai area wajah seperti kening, mata, leher maupun dada. Selain itu menurut pendapat medis, para perokok cenderung terlihat dua tahun lebih tua dibandingkan usia yang sebenarnnya.

Age Spot
Selain karena efek buruk sinar matahari, ternyata rokok juga bisa menyebabkan tampilan age spot pada wajah Anda, lho. Nikotin memiliki kemampuan dalam melemahkan vitalitas serta menghilangkan nutrisi pada kulit, sehingga para perokok lebih rentan terhadap pembentukan bintik-bintik hitam (age spot) dibandingkan orang yang tidak merokok.

Stretch Marks
Meskipun penyebab stretch marks banyak diidentikkan dengan kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis, namun rokok juga dapat memicu timbulnya tampilan stretch marks di kulit. Jaringan ikat dan serat di kulit bisa melemah karena nikotin, yang membuat kulit tidak memliki kemampuan untuk menjaga elastisitas dan kekencangan. Hasilnya, akan timbul garis-garis berupa stretch marks di kulit. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.