Mahasiswa UMM Hijaukan Desa Komis Sampang dengan Cara ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ist. Kegiatan Penyemaian
Ist. Kegiatan Penyemaian

PortalMadura.Com, – Divisi Kesehatan dan Lingkungan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 4 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Dinas Pertanian dan tim Iptek Bagi Wilayah (IBW) menggelar sosialisasi tanaman organik di , Kecamatan Kedundung, Kabupaten Sampang.

Kegiatan yang diadakan disalah satu Posyandu di Dusun Tongtongan, Desa Komis ini dihadiri 1 bidan, 12 kader Posyandu dan lingkungan, 8 orang masyarakat setempat, Babinkamtibmas beserta Babinsa Desa Komis, Kecamatan Kedundung, Sampang.

Ketua Divisi Kesehatan dan Lingkungan, Muhammad Iqbal mengatakan, bahwa tujuan diadakan program kerja ini yakni untuk meningkatkan gizi masyarakat Desa Komis untuk ke depannya.

“Selain itu, agar program ini senantiasa bersinergi dengan banyak pihak seperti masyarakat sekitar, kader posyandu dan lingkungan serta pihak-pihak yang bertanggung jawab seperti Dinas Pertanian agar program tak terhenti disini saja, namun akan terus berjalan dan manfaatnya dirasakan oleh warga Desa Komis secara nyata,” katanya, dalam rilis yang diterima Redaksi PortalMadura.Com, Selasa (2/8/2016).

Ia menjelaskan, penyuluhan dan sosialisasi terbagi menjadi tiga (3) sesi yakni sesi seminar yang langsung dibina oleh tim IBW , sesi ramah tamah hingga sesi terjun ke lapangan untuk proses penanaman sayuran organik.

Sesi terjun ke lapangan pun terbagi lagi menjadi tiga (3) bagian yakni bibit, penanaman dan penyiraman. Bibit yang digunakan yakni mulai dari bibit cabe, terong, mentimun, kangkung dan sawi.

Sementara, Lathifa (43), salah satu kader merasa senang dengan adanya program tanaman organik.

Setelah mendapat ilmu dari seminar dan praktek, kini sudah tergambar di benaknya tentang pertanian sayur yang nantinya akan benar-benar menjanjikan untuk warga Desa Komis dari segi kesehatan maupun ekonomi.

“Sebenarnya sudah pernah ada program seperti ini dari KKN yang terdahulu hanya saja baru kali ini teman-teman KKN berkolaborasi langsung dengan Dinas Pertanian,” imbuh Lathifa.

Babinsa Kecamatan Kedundung, Mahsun Adi mengaku, bahwa program ini sangat bagus sebagai sarana menyukseskan penghijauan kampung agar semakin indah dan teduh.

Harapan ke depannya, Desa Komis, Kecamatan Kedundung, Sampang akan lebih indah, hijau dan sehat.(Arina Widya/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.