Mahasiswa UTM Ciptakan Oleh-oleh Khas Talango Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Mahasiswa UTM Ciptakan Oleh-oleh Khas Talango Sumenep
KKN Mahasiswa UTM di Talango Sumenep

PortalMadura.Com, – Bila Anda berkunjung ke Asta Sayyid Yusuf, pulau Poteran, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, jangan lupa dengan oleh-oleh khas disana.

Oleh-oleh khas itu, berupa permen rumput laut, dodol rumput laut, kerupuk ikan dan kaos Talango. Produk ini, merupakan hasil kerja sama antara masyarakat Desa Talango dengan mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura sejak tanggal 17 Juli 2017 hingga 11 Agustus 2017.

“Oleh-oleh ini, merupakan bentuk kerja sama mahasiswa KKN yang bertujuan untuk mengolah sumberdaya alam Talango yang berupa rumput laut, kerupuk ikan dan wisata religi Asta Sayyid Yusuf sehingga memberikan peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Talango,” ujar penanggung jawab kerja sama, Dito Dwi Prayogo, pada PortalMadura.Com, Senin (7/8/2017).

Dikatakan, rumput laut yang melimpah di Talango dan tidak dimanfaatkan oleh warga perlu sentuhan kreatifitas yang bisa dioptimalkan untuk ekonomi masyarakat.

“kita telah melaksanakan pelatihan pada hari Sabtu (22/7) di Dusun Pasar Daya dan Minggu (23/07) di Dusun Baru yang mayoritas masyarakatnya merupakan petani rumput laut,” terangnya.

Produk yang dihasilkan berupa permen rumput laut, dodol rumput laut, kerupuk ikan dan kaos Talago telah dipasarkan oleh BUMDes Desa Talango. “Hasil dari pelatihan kemarin sudah diserahkan ke BUMDes dan langsung dipasarkan oleh mereka,” tambahnya.

Wahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) ini, berharap kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Desa Talango.

“Masyarakat bisa lebih memanfaatkan sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan, seperti halnya rumput laut tidak hanya dijual mentah tetapi juga berbagai olahan dapat dikembangkan dan wisata asta Sayyid Yusuf menjadi sarana promosinya,” pungkasnya.(dan/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.